upah.co.id – Minyak bumi dijuluki sebagai ibu dari berbagai komoditas. Pasalnya minyak bumi memiliki peran besar dan penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Buktinya harga minyak yang selangit akan berpengaruh terhadap ekonomi suatu negara bahkan dunia karena sebagai salah satu pendorong kenaikan harga secara luas atau disebut inflasi.

Saat ini harga minyak bumi jenis Brent tercatat US$ 94,53 per barel. Sedangkan jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) US$ 88,05 per barel.

Harga minyak bumi pun sudah melambung tinggi sepanjang 2 tahun terakhir. Sepanjang tahun ini harga minyak mentah dunia telah naik 20% secara point-to-point (ptp).

Sedangkan tahun lalu naik 50% ptp. Ini membuat negara penghasil minyak bumi tertimpa “durian runtuh”. Lalu mana saja negara penghasil minyak bumi terbesar? Simak daftarnya.

1. Amerika SerikatNegeri Paman Sam ini menempati urutan pertama sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia menurut BP Statistical Review 2022. Total produksi minyak bumi Amerika Serikat mencapai 16,58 juta barel per hari dan berkontribusi terhadap 18,5% produksi minyak dunia pada 2021.

2. Arab SaudiNegara penghasil minyak bumi terbesar di dunia yang kedua adalah Arab Saudi dengan jumlah 10,95 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 12,2% produksi minyak dunia pada 2021.

3. RusiaPeringkat ketiga ditempati oleh Rusia. Diperkirakan, negara yang satu ini menghasilkan minyak bumi sebanyak 10,94 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 12,2% produksi minyak dunia.

4. KanadaKemudian, posisi keempat negara penghasil minyak terbesar di dunia adalah Kanada. Total minyak bumi Kanada mencapai 5,43 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 6% produksi minyak dunia.5. IrakSelanjutnya ada Irak yang bertengger di posisi kelima sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar dunia dengan jumlah produksi 4,10 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 4,6% produksi minyak dunia.6. ChinaChina adalah produsen minyak urutan enam terbesar di dunia dengan produksi 3,99 juta barel minyak per hari atau berkontribusi terhadap 4,4% produksi minyak dunia. Selain produsen, China juga merupakan konsumen utama minyak dunia.7. Uni Emirat ArabPosisi tujuh ditempati oleh Uni Emirat Arab. Jumlah produksi minyak bumi negara anggota OPEC ini mencapai 3,67 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 4,0% produksi minyak dunia.

8. IranNegara penghasil minyak bumi terbesar di dunia berikutnya adalah Iran yang menghasilkan minyak bumi 3,62 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 3,3% produksi minyak dunia.9. BrasilBrasil menempati posisi kesembilan sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Jumlahnya mencapai 2,99 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 3,0% produksi minyak dunia.

10. KuwaitUrutan terakhir dalam daftar 10 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia adalah Kuwait. Negara timur tengah ini menghasilkan minyak bumi sebanyak 2,74 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 2,3% produksi minyak dunia.Lantas, Indonesia ada di urutan berapa? Berdasarkan BP Statistical Review 2022 Indonesia menempati urutan ke-24 sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan total 692 ribu barel per hari atau berkontribusi terhadap 0,8% produksi minyak dunia.

TIM RISET CNBC INDONESIA