upah.co.id – Danau ini dikenal sebagai danau terluas di Indonesia, yakni seluas 1.130 kilometer persegi. Menurut situs , Danau Toba menjadi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia.

Tidak hanya itu, danau ini menawarkan berbagai tempat wisata alam dan kaya potensi budaya. Jika punya beberapa hari untuk menghabiskan waktu beraktivitas di kawasan Danau Toba, ada sejumlah aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sana.

Destinasi wisata sekitar Danau Toba

Jika sedang melancong ke Sumatera Utara dan mampi ke Danau Toba, berikut sejumlah destinasi wisata sekitar Danau Toba yang dapat dikunjungi:

1. Air Terjun Situmurun

Perpaduan antara pemandangan Danau Toba dengan air terjun dapat ditemukan di obyek wisata Air Terjun Situmurun yang tingginya mencapai sekitar 70 meter.

Air terjun ini terdiri dari tujuh undakan. Airnya mengalir dari tebing yang terletak di tepi Danau Toba. Aliran airnya jatuh langsung ke danau.

Pilihan destinasi wisata Danau Toba ini terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Bukit Holbung

Wilayah perbukitan di sekitar Danau Toba dapat menjadi pilihan wisata Danau Toba untuk menikmati panoramanya dari ketinggian, salah satunya adalah dari Bukit Holbung atau Bukit Teletubbies.

Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Selain melihat pemandangan Danau Toba, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam di sore hari dari area ini.

3. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele berada tidak terlalu jauh dari Bukit Holbung. Menara yang terletak di Kabupaten Samosir ini menjadi tempat untuk melihat Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Jarak dari Bukit Holbung ke Menara Pandang Tele dengan kendaraan roda empat dapat ditempuh selama 44 menit.

Sedangkan, jarak dari Kota Medan ke Menara Pandang Tele dapat mencapai lima hingga enam jam dengan kendaraan roda empat.

Menara Pandang Tele terdiri dari tiga lantai yang dapat diakses pengunjung. Dari lantai teratas, misalnya, pengunjung bisa menikmati panorama perbukitan, rumah-rumah warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

4. Bukit Gibeon

Wisata Bukit Gibeon terletak di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara.

Salah satu destinasi wisata Danau Toba ini sering disebut sebagai bukit senyum, karena konon pengunjung yang datang ke tempat ini akan tersenyum setelah menyaksikan panorama alamnya.

Tak hanya sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian, pengunjung juga bisa mencoba berkemah.

Melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam di tempat ini juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat dicoba.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjunjung terletak di Desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardament, Kabupaten Simalungun, Sumatera Selatan.

Salah satu destinasi wisata Danau Toba ini menyediakan beragam atraksi serta sejumlah rumah pohon dan spot foto.

6. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata adalah salah satu obyek wisata alam di sekitar Danau Toba.

Air Terjun ini terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Simosir, Sumatera Utara.

Pengunjung yang mau mengunjungi salah satu destinasi wisata Danau Toba ini harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 100 meter dari lokasi parkir.

Pengunjung dapat menyaksikan air terjun setinggi 20 meter dengan bukit di sekelilingnya.

7. Taman Eden 100

Taman Eden 100 merupakan objek wisata di perbukitan Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Simosir, Sumatera Utara. Objek wisata ini terletak tak jauh dari Bukit Gibeon.

Pengunjung dapat menyaksikan air terjun dan bersantai di deretan hammock.

Bagi pengunjung yang ingin belajar cara budidaya rempah khas Batak Toba juga bisa mencobanya di Taman Eden 100.

8. Desa Wisata Tomok

Tak hanya menyuguhkan wisata alam, Danau toba juga menawarkan wisata budaya yang menarik untuk dipelajari. Salah satu tempat wisata budaya yang bisa dikunjungi adalah Desa Tomok.

Desa ini terletak di bagian timur Pulau Samosir, tepatnya di wilayah pesisir bagian timur.

Pengunjung dapat menyaksikan sejumlah rumah adat khas Suku Batak, makam raja-raja kuno, serta benda-benda peninggalan leluhur zaman megalitikum.

9. Museum Batak Tomok

Desa Wisata Tomok juga menyimpan pesona budaya berupa museum yang menyimpan beragam peninggalan leluhur Suku Batak.

Museum Batak Tomok terletak di Komplek TB Silalahi Center, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Museum yang dapat menjadi salah satu destinasi wisata Danau Toba ini memiliki bentuk bangunan berupa rumah adat Suku Batak atau yang sering disebut denga Ruma Bolon.

Dinding bangunan tersebut dipenuhi ukiran dengan dominasi warna merah, putih, dan hitam.

10. Inna Parapat Hotel

Staycation di sekitar Danau Toba menjadi pilihan yang dapat dicoba untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur, salah satu tempatnya adalah di Inna Parapan Hotel.

Hotel ini memiliki desain kamar berupa bungalow khas Batak. Dilansir dari , hotel ini kerap diinapi oleh para peserta perlombaan olahraga, di antaranya Asian Games, SEA Games, dan PON.

Selain bersantai di kamar, para tamu hotel dapat menikmati hamparan pasir putih di sekitar Danau Toba.

11. Desa Lumban Suhi Suhi

Kain ulos merupakan kain tenun khas Suku Batak. Kain ini menjadi aspek penting dan tak terpisahkan dari kehidupan masayarakat Suku Batak.

Desa Lumban Suhi Suhi diketahui menjadi salah satu produsen kain ulos berkualitas di Samosir. Tak heran jika banyak wisatawan datang untuk menyaksikan proses pembuatan kain ulos secara langsung di tempat tersebut

Tidak hanya menyaksikan proses pembuatannya, pengunjung juga bisa membeli kain ulos dari desa ini sebagai suvenir.

12. Batu Gantung Parapat

Batu Gantung merupakan obyek wisata berupa tebing tinggi di kawasan Danau Toba, letaknya di Kota Parapat, Sumatera Utara.

Untuk dapat menyaksikan tebing batu yang terlihat seperti menggantung ini, pengunjung harus naik kapal menyeberangi Danau Toba.

Pengunjung akan disuguhi keindahan panorama Danau Toba dengan bukit di sekelilingnya.

13. Pulau Tulas Samosir

Pulau Tulas Samosir merupakan sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang terletak di tengah Danau Toba.

Menurut situs web , pulau ini belum terjamah manusia.

Secara administratif, Pulau Tulas Samosir terletak di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

14. Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai Pasir Putih Parbaba terletak di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Objek wisata ini tepatnya berada di tepi Danau Toba.

Wisatawan dapat mengikuti beragam wahana seperti jet ski, banana boat, dan sepeda air. Pengunjung juga bisa bersantai di tepian danau atau menyewa ban jika ingin berenang.

15. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit merupakan salah satu tempat untuk melihat pemandangan Danau Toba.

Tidak hanya itu, tempat ini juga menyimpan cerita di baliknya. Konon, Gunung Pusuk Buhit menjadi tempat Raja Batak diturunkan dari kayangan.

Oleh sebab itu, masyarakat setempat menjadikan gunung ini sebagai salah satu tempat sakral. Salah satu destinasi wisata Danau Toba ini juga dijadikan tempat berdoa oleh penduduk sekitar.

Gunung Pusuk Buhit menjadi salah satu wilayah yang ada dalam zona wisata geologi di Danau Toba.

16. Paropo

Paropo adalah sebuah desa yang terletak di tepi Danau Toba. Desa ini termasuk dalam kawasan Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Desa ini terkenal dengan camping ground atau area kemah di tepian Danau Toba. Bahkan, tak sedikit yang menyandingkan pemandangan desa ini dengan Ranu Kumbolo di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

17. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah Bobok menjadi salah satu objek wisata favorit pengunjung di sekitar Danau Toba. Bukit ini terletak di pangambatan, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Untuk menikmati panorama alam Danau Toba dari lokasi ini, wisatawan perlu berjalan kaki di jalur yang telah ada.

18. Negeri Bakkara

Negeri Bakkara adalah sebuah wilayah yang terletak di barat daya Danau Toba.

Wilayah ini secara administratif berada di Distrik Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasunduta, Sumatera Utara.

Negeri Bakkara terdiri dari beberapa dusun dan desa yang ada di sekitar lembah. Daerah ini dibelah oleh dua sungai berarus deras, yaitu Aek silang dan Aek Simangira.

Kedua sungai ini mengalir dari daerah perbukitan dan bermuara langsung ke Danau Toba.

19. Bukit Siadtaratas

Satu lagi wisata di perbukitan sekitar Danau Toba yang patut dijelajahi. Bukit Siadtaratas merupakan obyek wisata yang berada di daerah Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Pengunjung bisa berkemah di atas bukit setelah trekking melewati desa dan bukit. Jalur trekking menuju puncak bukit juga tak begitu sulit, bahkan untuk pemula.

20. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang atau yang juga dikenal dengan nama Pulau Pardepur merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di sekitar Danau Toba. Lebih tepatnya, obyek wisata ini terletak di Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata budaya di sekitar Danau Toba. Wisatawan bisa menyaksikan pembuatan kain ulos secara langsung dan mengikuti acara adat masyarakat Desa Sampuran yang dipadukan dengan Tari Mossak.