upah.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan sektor pariwisata menunjukkan kurva peningkatan yang cukup signifikan, salah satunya ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Pertumbuhan positif ini diharapkan semakin meningkatkan geliat ekonomi dan membuka lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Secara akumulatif jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari-Juni 2022 sudah hampir 750 ribu atau naik hampir 1.000 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2021,” kata Sandiaga.

Sebelum menikmati keindahan alam Bromo, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan dan raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Inilah 3 spot terbaik di Bromo untuk liburan singkatmu!

1. Seruni Point

Seruni Point yang berada di Kabupaten Probolinggo ini menjadi objek wisata alam terbaik yang wajib kamu kunjungi. Siapa pun yang melihat keindahan alam Gunung Bromo di Seruni Point pasti akan terkagum-kagum. Di sini kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari tempat terbaik di Bromo.

Untuk menikmati sajian sunrise istimewa di Seruni Point, sebaiknya tiba pada pukul 04.30 WIB menggunakan mobil jip selama 15 menit, kemudian berjalan kaki kurang lebih 1 jam. Jika tidak ingin merasa kelelahan, kamu bisa menyewa kuda dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Jangan lupa gunakan outfit terbaik dan siapkan kamera untuk mengabadikan momen liburan kamu di objek wisata Seruni Point, ya!

2. Kawah Bromo

Setelah memanjakan mata di Seruni Point, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Kawah Bromo. Untuk menikmati pesona Kawah Bromo, disarankan tiba pada pukul 06.00 WIB.

Saat perjalanan menuju Kawah Bromo, kamu bisa menyempatkan diri untuk sarapan di parkiran Gunung Bromo. Di sini tersedia makanan prasmanan dengan menu favorit yaitu telur dadar kriuk dan ikan asin.

Dari parkiran mobil jip menuju kawah kamu harus melakukan pendakian. Pendakian ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih 1,5 jam atau juga bisa menggunakan kuda.

Di perjalanan menuju kawah, kamu bisa mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, dan Gunung Batok. Tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus karena di sepanjang jalan kamu akan mudah menemui penjaja makanan menuju Kawah Bromo.

3. Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies

Salah satu tempat menarik di kawasan Gunung Bromo adalah Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Pasir berbisik merupakan sebagian dari lautan pasir Gunung Bromo yang memiliki keunikan tersendiri karena angin yang membawa butiran-butiran pasir di sini bagaikan bisikan-bisikan yang menyerukan indahnya alam.

Kurang lengkap rasanya jika datang ke Bromo tanpa wisata ke Bukit Teletubbies. Bukit teletubbies adalah lereng gunung dengan deretan perbukitan yang banyak ditumbuhi oleh rerumputan hijau sehingga jika dilihat akan nampak seperti bukit yang ada di serial film anak teletubbies. Pasir berbisik dan Bukit Teletubbies sering dikunjungi oleh wisatawan yang membawa keluarga dan anak-anak.

Setelah melakukan perjalanan, kamu bisa menuju penginapan yang tersedia di sekitar kawasan Bromo. Sore harinya, kamu bisa bersantai bersama keluarga atau teman di coffee shop sepanjang kawasan Bromo.

Aworjiwa Coffee dan Shelter Kopi Bromo adalah rekomendasi terbaik untuk kamu yang ingin menikmati sore hari di Bromo sembari menikmati alunan musik. Menu dan informasi lengkap mengenai Aworjiwa Coffee dan Shelter Kopi Bromo, bisa kamu dapatkan melalui akun Instagram @aworjiwacoffee dan @shelter.kopibromo, ya!

Sebelum wisata, sebaiknya mengetahui kapan waktu terbaik ke Gunung Bromo agar mendapatkan golden sunrise yang sempurna. Jika berangkat dari Surabaya dan membawa kendaraan pribadi, kamu bisa berangkat dari pukul 00.00 WIB dini hari dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan mobil menuju Cemoro Lawang melewati Probolinggo.

Medan yang dilalui cukup curam sehingga dibutuhkan kendaraan yang ideal serta driver yang sudah berpengalaman di Bromo. Karena itu, wajib melakukan pemesanan sewa mobil jip untuk akses menuju Bromo. Kamu bisa mendapatkan harga terbaik apabila melakukan pemesanan secara online. Untuk biaya sewa mobil jip mulai dari Rp600.000,00 hingga Rp700.000,00 dengan kapasitas penumpang 6 orang dewasa, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Namun tidak perlu khawatir, jika tidak sempat memesan jip terlebih dahulu, kamu bisa menemukan jasa yang menawarkan jip di sepanjang jalan ketika tiba di Probolinggo.

Sebelum bepergian pastikan sudah vaksin booster dan tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi seputar destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif bisa Anda dapatkan dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, Tiktok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.