upah.co.id – Kutu rambut dapat menyebabkan infeksi yang dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda karena kondisi ini menyebabkan rasa gatal hingga luka pada kulit kepala. Penyebab utama munculnya kutu rambut dikarenakan kebersihan yang tidak dijaga.

Serangga ini hidup dengan menghisap darah dan berkembang biak di sela-sela rambut. Oleh karenanya, diharuskan untuk segera melakukan perawatan untuk menghilangkan kutu rambut. Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat? Simak beberapa caranya di bawah ini, merangkum dari Medicinenet.

1. Cuka

Cuka berkhasiat membunuh serangga seperti kutu rambut karena dapat menghilangkan kelembapan pada rambut. Caranya dengan mencampurkan 1 cangkir cuka dengan air hangat.

Setelah itu, ratakan air hangat campuran cuka tersebut di area rambut dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan keramas menggunakan shampo.

2. Minyak esensial

Minyak esensial memiliki berbagai macam jenis mulai dari minyak cengkeh, minyak kayu putih, minyak kayu manis, tea tree oil, minyak kelapa hingga minyak lavender. Cara menggunakan minyak esensial, Anda perlu mencampurkan minyak kelapa dengan minyak esensial lainnya.

Oleskan ke seluruh kulit kepala secara merata dan bersihkan rambut menggunakan sisir serit. Jika sudah cuci rambut dengan menggunakan shampo.

3. Membersihkan pakaian dan benda lainnya yang menempel di kepala

Faktor kebersihan menjadi hal yang utama agar terhindar dari serangan kutu rambut. Kutu rambut ini biasanya menempel di benda-benda seperti sisir, topi, sprei, dan lain sebagainya. Karena itu, membersihkan barang terdekat menjadi cara pencegahan yang tepat untuk terjangkit dari kutu rambut.

Demikian informasi seputar cara untuk cepat menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan baik rambut, handuk, sprei, kasur dan lain sebagainya agar kutu tidak bersarang di rambut Anda. Semoga bermanfaat!