upah.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awal musim penghujan di Indonesia akan dimulai pada bulan September hingga November 2022. Hal itu disampaikan BMKG melalui konferensi pers pada 31 Agustus 2022.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, prakiraan awal musim hujan ini merupakan hasil dari analisis zona musim terupdate (ZOM9120) yang telah dilkukan BMKG agar bisa menjamin dan memastikan prakiraan musim penghujan di Indonesia menjadi lebih akurat dan tepat.

Memasuki musim penghujan, masyarakat harus pintar-pintar menjaga kondisi tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman Kementerian Kesehatan, berikut adalah 4 cara menjaga kondisi tubuh saat musim penghujan.

1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan untuk menyehatkan tubuh. Selain itu, rajin berolahraga dapat memncegah terserangnya penyakit saat perubahan cuaca.

Olahraga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Pergerakan sekecil apa pun bisa dijadikan olahraga, seperti stetching ringan, jalan cepat, loncat-loncat. Selain itu, jika Anda sibuk kerja, bisa melakukan olahraga dengan cara berjalan naik-turun tangga di kantor.

2. Minum Air Hangat

Meminum air hangat bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan, terlebih jika air hangat tersebut dicampur jahe tanpa gula atau papermint, dan beberapa tes jeruk nipis. Minuman ini akan membantu menghangatkan badan di saat musim hujan .

3. Perbanyak Makan Buah

Buah merupakan makanan yang kaya akan vitamin, yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, hujan dapat membuat kita menjadi lebih cepat lapar, dan makan buah-buahan juga membantu perut kita tetap terisi. Selain sehat juga mengenyangkan.

4. Jaga Kualitas Tidur

Tidur merupakan hal yang penting bagi manusia, kurang waktu tidur dapat membuat seseorang rentan terserang penyakit, apalagi di musim hujan .

Menjaga kualitas tidur yang baik sangat bagus untuk kesehatan.

Dilansir dari jurnal yang dikeluarkan oleh National Sleep Foundation, Washington DC, USA, rekomendasi waktu tidur yang cukup dalam perhari yaitu anak sekolah usia 3-5 tahun waktu tidur selama 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun waktu tidur selama 9-11 jam, remaja usia 14-17 tahun waktu tidur selama 8-10 jam, usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam, dan untuk usia lansia lebih dari 65 tahun direkomendasikan tidur selama 7-8 jam perhari.

5. Mengelola Stres

Stres bisa saja terjadi kepada setiap orang, penyebabnya bisa macam-macam. Apalagi di musim hujan ini, seseorang bisa saja mudah terkena stres contohnya saja ketika telat pergi bekerja dan hujan turun, membuatnya terjebak hujan, belum jika menggunakan kendaraan umum dan tidak membawa payung, akan menjadikan badan basah terkena hujan.

Stres bisa berdampak terhadap fisiologis seseorang, seperti gelisah, detak jantung yang meningkat dan mudah letih.

Karena itu, di musim hujan seperti ini, diharuskan untuk mengelola stres, agar tidak mudah sakit. Dalam mengatasi stres bisa dilakukan dengan cara relaksasi yang dapat menenangkan diri dan tetap menjaga kestabilan tubuh. (Salwa Syafiqoh)***