4 Tips Mencegah Dampak Buruk Makan Terlalu Banyak

upah.co.id – Makan secara berlebihan bisa menyebabkan sejumlah dampak buruk bagi tubuh seperti perut kembung dan rasa lesu.

Bahkan, beberapa orang juga bisa mengalami rasa tidak nyaman pada perut karena kekenyangan .

Untungnya, kita bisa mencegah dampak buruk itu terjadi setelah makan secara berlebihan.

Dilansir dari laman Eat This Not That, para ahli pun merekomendasikan empat tips yang dapat membantu kita merasa lebih baik usai makan terlalu banyak sebagai berikut.

1. Penting untuk menghidrasi tubuh

Menurut ahli gizi, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, mengonsumsi makanan yang lebih tinggi natrium dapat berkontribusi pada perut kembung keesokan harinya.

Itulah sebabnya Goodson menekankan pentingnya memastikan kita tetap terhidrasi sebelum dan sesudah makan besar.

Selain minum banyak air, kita juga dapat mencoba meningkatkan hidrasi dengan menambahkan sesuatu yang ekstra pada minuman.

“Satu hal yang dapat dilakukan adalah menghidrasi sepanjang hari dengan water infused seperti minuman detoks cuka sari apel lemon atau air dengan campuran jahe, jeruk, dan cranberry,” saran The Nutrition Twins, Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, dan Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT.

“Cairan ini akan membantu memulihkan status hidrasi normal saat membuang kelebihan natrium, gula, dan air yang tertahan, serta mengurangi kembung dan rasa berat pada perut,” sambungnya.

2. Berjalan kaki setelah makan besar

Berjalan-jalan setelah makan besar juga bisa memberikan kelegaan yang lebih cepat.

“Jalan-jalan akan membantu menjernihkan pikiran dan dapat mengeluarkan beberapa bahan kimia, serta sedikit garam sekaligus meningkatkan aliran darah ke otak,” kata Nutrition Twins.

“Kita juga akan membakar beberapa kalori ekstra saat melakukannya yang membantu mengimbangi beberapa kalori ekstra yang mungkin telah kita konsumsi,” kata dia.

Jika kita sedang tidak ingin berjalan-jalan, Goodson menyarankan untuk melakukan gerakan-gerakan kecil di rumah sebagai alternatif.

3. Makan sayur-sayuran hijau

Menurut Nutrition Twins, mengonsumsi beberapa sayuran hijau yang kaya antioksidan dan kaya serat untuk makanan berikutnya dapat membantu membuat tubuh kembali merasa lebih baik.

“Serat dari sayuran hijau membantu mendorong limbah dan racun keluar dari usus besar, membantu menjaga kita tetap teratur, sehingga kita dapat dengan cepat kembali dan merasa lebih ringan,” kata dia.

Dan, antioksidan dalam sayuran hijau juga disebut mampu menangkal beberapa kerusakan yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, berlemak, dan sangat diproses yang bersifat inflamasi.

4. Memulai pagi berikutnya dengan sarapan yang seimbang

Hal lainnya yang dapat kita lakukan sehari setelah makan sedikit berlebihan adalah memastikan kita memulai hari dengan sarapan yang sehat dan seimbang.

“Sehari setelah makan berlebihan, mulailah dengan sarapan kaya protein dan serat untuk membuat gula darah berjalan ke arah yang benar,” kata Goodson.

“Telur dan oatmeal atau roti panggang gandum utuh dengan selai kacang dan greek yogurt bisa menjadi pilihan untuk membantu kita merasa lebih baik sepanjang hari,” imbuh dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!