upah.co.idJakarta, CNBC Indonesia – Sirih gading atau yang memiliki nama lain pothos adalah salah satu tanaman hias yang populer. Tanaman merambat ini memiliki bentuk cantik dan mampu menyerap racun dan polusi udara di ruangan. Karena itu, tanaman ini sangat populer sebagai jenis tanaman indoor atau dalam ruangan.

Selain dari manfaatnya, tanaman hias satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan dekorasi rumah. Agar tampil dengan cantik dan memukau di dalam rumah, lakukan perawatan tanaman yang baik dan benar. Karena cara Anda merawatnya akan berpengaruh seberapa cepat tanaman ini akan tumbuh.

Perhatikan kondisi tanaman sejak pertama kali Anda membawanya ke rumah. Jika membelinya saat masih muda dan kecil, letakkan di pot yang kecil. Tetapi jika sirih gading sudah mulai tumbuh, ganti juga pot tanaman atau repotting.

Sirih gading dapat ditanam di wadah yang berisi air, namun akar tanaman tersebut akan bereaksi negatif jika ditanam di tanah dalam pot tapi disiram air secara berlebihan. Sirih gading akan tetap tumbuh jika di tanam di dalam air, namun tidak secepat ketika ditanam di tanah.

Jika ingin tanaman sirih gading mu cepat tumbuh, gunakan tanah pot standar yang memiliki drainase baik. Campuran tanah pot yang bagus akan membuat photos atau sirih gading tumbuh dengan subur.

Sirih gading akan menikmati pH tanah di angka 6,1 sampai 6,5, tetapi jika pH tanah sedikit di luar kisaran tersebut pun tidak akan terlalu banyak timbul reaksi yang merugikan.

Sirih gading membutuhkan keseimbangan cahaya. Mereka membutuhkan cahaya yang terang, namun tidak bisa menahan sinar matahari secara langsung terlalu lama karena daunnya akan mudah terbakar.

Lalu bagaimana caranya agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari yang terang? Anda bisa meletakkannya di posisi dekat jendela. Sehingga tanaman bisa menikmati cahaya terang dari matahari secara tidak langsung. Tapi tetap harus diperhatikan agar tidak terlalu banyak terkena sinar matahari, ya! Karena jika terlalu banyak menerima sinar matahari, daun sirih gading akan mulai terlihat pucat.

Ketika sirih gading yang ditempatkan di ruangan atau sudut gelap, daun tumbuhan akan kehilangan variegasinya. Sehingga proses pertumbuhan dan kesehatan dari tanaman sirih gading akan terganggu.

Tanaman ini sangat menikmati kelembaban dengan suhu tinggi sekitar 21-23 derajat celcius. Jadi jika ingin merawat tanaman ini, silahkan pastikan terlebih dahulu ruangan tempa Anda akan menempatkan sirih gading ada di kisaran suhu ini.

Tanaman photos ini masih bisa menahan suhu rendah 10 derajat celcius. Tapi jika suhu sudah di bawah itu, tanaman sirih gading akan menderita pertumbuhan kerdil dan daunnya pun berubah menjadi hitam.

Tanaman sirih gading tetap membutuhkan air tetapi dalam jumlah yang tepat. Jika menerima terlalu banyak air, daun tanaman akan terlihat lemas dan layu bahkan hingga berubah warna menjadi kuning.

Mengapa demikian? Karena tanaman ini adalah tanaman yang rentan terhadap akar busuk jika terlalu dibiarkan berada di tanah yang tergenang air.

Sebaliknya, jika tanaman terlalu sedikit menerima air juga bisa berdampak buruk. Ini bisa menyebabkan daun photos akhirnya melengkung, kemudian menjadi lemas dan pada akhirnya daun akan rontok.

Untuk meminimalkan risiko-risiko tersebut, biarkanlah tanah tanaman mengering di antara penyiraman. Akar bisa tetap lembab tapi sebaiknya tidak dibiarkan direndam. Setelah disiram, silahkan mengosongkan piring di bawah pot untuk mengurangi potensi akar busuk.

Maka dari itu, akan lebih baik jika merencanakan jadwal penyiraman. Ketika 2 inci tanah bagian atas mengering, Anda bisa menyiramnya lagi.

Sebenarnya, sirih gading dapat tetap tumbuh dengan baik tanpa pupuk jika sudah ditanam dalam pot yang menggunakan tanah layak. Namun, memberinya pupuk setiap 2-3 bulan selama musim tanam akan mengoptimalkan tingkat pertumbuhannya.

Pupuk yang ideal adalah pupuk rumah tangga yang seimbang dan larut di dalam air. Jika masih belum yakin, silahkan mengujinya terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa tahu dengan tepat nutrisi apa yang ada di dalam tanah dan adakah yang kurang. Anda hanya perlu membeli alat penguji tanah di toko berkebun.

Sebagian besar tanaman membutuhkan sekitar 16 unsur hara untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Nutrisi utama yang dibutuhkan adalah kalium, fosfor dan nitrogen. Sedangkan nutrisi sekundernya adalah boron, kobalt, besi, seng, kalsium, belerang, magnesium, tembaga dan molibdenum.

Pupuk yang baik akan mengandung nutrisi sekunder tersebut. Pupuk anorganik akan memberikan dorongan hara instan ke tanah yang bisa memacu pertumbuhan sirih gading dengan cepat. Sedangkan pupuk organik mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama, tetapi media tumbuh akan lebih sehat dalam jangka panjang.