upah.co.idPIKIRAN RAKYAT – Menatap layar sudah menjadi rutinitas orang di zaman sekarang.

Dari mulai mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran, hingga ibu rumah tangga yang rutinitasnya tidak terlepas dari layar gadget atau HP.

Meski begitu, mata cenderung cepat lelah karena terlalu sering menatap layar.

Dikutip dari Hellosehat yang ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita, untuk mengurangi mata lelah Anda yang sering di depan layar, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mata lelah akibat menatap layar HP .

Baca Juga: Daftar 108 Kata Bahasa Anak Jaksel 2022 Lengkap dengan Artinya, Disusun Alfabetis

1. Ikuti metode 20-20-20

Tiap 20 menit menatap layar HP , pastikan mata Anda istirahat selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar HP ke arah lain yang berjarak minimal 20 kaki (6 meter) dari tempat Anda. Itulah yang dimaksud dengan metode 20-20-20.

Saat melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter) Anda tidak perlu mengukur.

Yang terpenting adalah dengan istirahatkan mata untuk fokus pada sesuatu yang jauh dari tempat Anda.

2. Jaga jarak pandang mata ke layar HP

Kebanyakan orang yang mengalami mata lelah disebabkan oleh jarak yang terlalu dekat saat menggunakan HP dan posisi layar yang tidak tepat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga jarak pandang mata Anda dari layar HP. Jarak yang disarankan yaitu 60 cm atau sekira panjang lengan posisi layar sedikit di bawah pandangan mata.

3. Sesuaikan pengaturan pada layar

Sesuaikan tingkat kecerahan layar HP Anda dapat membantu mata jauh lebih nyaman saat menatap layar, cara ini dapat mencegah mata mudah lelah saat seharian berada di depan layar.

Anda juga dapat menggunakan pelindung layar yang berfungsi untuk meredupkan pencahayaan pada layar HP Anda.

Anda juga bisa meredupkan cahaya layar jika lebih terang dari cahaya sekitarnya. Hal tersebut berguna untuk melindungi dari sinar yang terlalu menyilaukan saat sedang menggunakan HP.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur kontras antara tulisan dan layar HP agar lebih mudah terbaca.

4. Gunakan kacamata khusus saat menggunakan HP

Gunakanlah kacamata khusus yang dapat melindungi dari cahaya layar HP.

Kacamata khusus memiliki lensa yang bisa membantu mata untuk fokus pada jarak yang disarankan saat menggunakan gadget, termasuk smartphone atau HP.

Lensa kacamata tersebut secara otomatis dapat mengubah fokus mata saat berada di depan layar, baik dari jarak dekat maupun jauh.

5. Bersihkan layar HP secara rutin

Pastikan layar HP Anda tetap bersih dari debu dan kotoran, termasuk sidik jari.

Hal tersebut dapat membuat mata lebih sulit melihat apa saja yang ada pada layar. Oleh karena itu, mata Anda menjadi mudah lelah saat berada di depan layar. (Urmila)***