upah.co.id – Ramadhan atau bulan puasa menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia, tak terkecuali para pelaku usaha atau penjual.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadhan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 persen.

“Sementara untuk peningkatan jumlah pesanan juga meningkat lebih dari 77 persen dibandingkan Ramadhan 2021,” ujar Nuraini dalam siaran persnya dikutip, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, animo tinggi masyarakat untuk belanja saat Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat.

Dia pun membeberkan sedikitnya 5 tips jualan di Ramadhan agar untung maksimal.

Tips pertama adalah cari tahu produk yang sedang laris untuk ide jualan online di bulan puasa.

Adapun cara ini menurut dia bisa dilakukan melalui riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa.

“Para penjual bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori,” jelas Nuraini.

Data internal Tokopedia mencatat produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadhan 2022.

Tips kedua adalah percantik halaman toko dan produk untuk memikat lebih banyak pembeli.

Dia menjelaskan, halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko untuk mempercantik tampilan tokonya di Tokopedia agar menarik lebih banyak pembeli.

“Fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman,” kata Nuraini.

Nuraini menambahkan, selain halaman toko, halaman produk pun penting diperhatikan para penjual. Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.

Kemudian tips ketiga adalah aktifkan promo bebas ongkir favorit pembeli. Nuraini menjelaskan, berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadhan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.

Karenanya, penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia, khususnya selama bulan puasa.

Tips keempat adalah jual produk parsel Ramadhan. Sepanjang Ramadhan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2 kali lipat. Pada Ramadhan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadhan di Tokopedia.

Nuraini mengatakan, pelaku usaha yang menjual parsel Ramadhan sangat disarankan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut.

Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.

Tips kelima adalah manfaatkan TopAds Tokopedia Marketing Solutions untuk promosi. Menurut dia, penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds.

“TopAds adalah fitur beriklan di Tokopedia agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian,” jelas Nuraini.

Fitur ini terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia.

Seller Diet Special Needs, misalnya, mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10 kali lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey