Jakarta

Bunda pernah mendengar tanaman hias dolar? Ya, tanaman ini kerap juga disebut ZZ plant dengan nama ilmiah Zamioculzas zamiifolia.

Tanaman ZZ memiliki ciri daunnya yang mengkilap, lebar, dan berbentuk lonjong menjulang ke atas. Tanaman yang berasal dari Afrika Timur ini sering juga disebut dengan permata Zanzibar karena daunnya yang bersih dan berlilin.

Kalau mereka yang tidak mengerti, mungkin akan mengira tanaman ZZ adalah tanaman palsu. Hal ini karena warna hijau pada daunnya sangat mengkilap.

ZZ kerap juga disebut sebagai tanaman dolar, Bunda. Daunnya ini berbentuk seperti koin dan dianggap bisa membawa keberuntungan.

Merawat tanaman hias ZZ juga sangat mudah, lho. ZZ adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan berbagai kondisi cahaya. Jadi, Bunda enggak perlu khawatir daunnya akan menguning jika diletakkan di luar rumah.

Tips merawat tanaman hias dolar

Mengutip dari laman The Spruce, ada beberapa tips yang perlu Bunda ketahui saat ingin merawat tanaman dolar, nih. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Cahaya

Tanaman ZZ dapat mentoleransi berbagai kondisi cahaya sehingga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi cahaya yang rendah.

ZZ bisa tumbuh dengan cepat dan memiliki akar angin meski tidak diberi cukup cahaya. Kalau Bunda memutuskan untuk meletakkan tanaman ini di dalam rumah, Bunda bisa pilih tempat dengan cahaya terang tidak langsung seperti jendela.

Bunda perlu hindari meletakkan tanaman di cahaya matahari langsung. Hal ini bisa menghanguskan daunnya.

2. Tanah

Tanaman ZZ juga tidak ‘rewel’ urusan tanah, Bunda. Namun, Bunda perlu pastikan tanahnya dalam keadaan kering dan baik agar tidak mudah busuk.

Kebanyakan campuran tanah standar cukup untuk menanam ZZ di rumah. Perhatikan juga drainase tanah dengan campuran perlit atau pasir.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video tanaman pengusir kecoa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Artikel ini milik : www.haibunda.com.