upah.co.idNamun, tak sedikit mahasiswa justru kesulitan untuk menjadi produktif. Tekanan tugas yang diberikan justru membuat mahasiswa lebih dahulu merasa terbebani dan malas untuk memulai. Selain itu, banyaknya kegiatan di kampus juga menjadi distraksi untuk tetap fokus akan tujuan yang ingin diraih.

Berikut, 6 Aplikasi yang wajib ada di smartphone mahasiswa untuk bantu tingkatkan produktivitas.

Mengatur catatan selama perkuliahan tentunya merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan catatan yang rapi dan terorganisir, mahasiswa akan dimudahkan dalam mempelajari materi kuliah yang telah dicatat.

Evernote adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu proyek apapun yang berhubungan dengan catatan, tugas, hingga jadwal dalam satu tempat.

Mencari literatur tentunya kegiatan yang tidak pernah lepas dari mahasiswa . Sistem belajar yang berpusat pada mahasiswa , mengharuskan mahasiswa secara aktif mencari ilmu secara mandiri. Sehingga, memperbanyak bahan bacaan merupakan modal utama dalam mencari ilmu di bangku perkuliahan.

Ipusnas merupakan aplikasi dari Perpustakaan Nasional yang memudahkan pembacanya dengan cara mengakses secara digital. Sehingga, dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan atau komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook.

iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), serta mobile ( smartphone -based application).

Turnitin merupakan aplikasi untuk memeriksa plagiarisme dalam bentuk tulisan. Aplikasi ini sangat dibutuhkan mahasiswa dalam pengerjaan tugas dituntut originalitasnya.

Namun, Turnitin ini merupakan aplikasi berbayar. Alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengecek plagiarisme secara gratis adalah Plagiarismchecker, Grammarly, Duplichecker, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Google Calendar dapat membantu dalam menjadwalkan kegiatan produktif yang akan dilakukan. Termasuk memberi keterangan tujuan serta pengingat akan kegiatan yang dijadwalkan.

Fitur yang disediakan oleh Google Calendar, yaitu:

– Kalender dengan tampilan per hari, per 3 hari, per minggu, hingga per bulan).

– Menu pencarian untuk mencari agenda yang sudah dijadwalkan.

– Momen besar, seperti hari kemerdekaan, hari pahlawan, hari pendidikan, dan sebagainya).

– Menambahkan jadwal (Tujuan, Pengingat, Tugas, dan Acara).

– Notifikasi pengingat.

Duolingo merupakan aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan. Hal ini karena sistem pembelajaran Duolingo seperti bermain games, tetapi terbukti tetap efektif dan efisien.

Melacak pengeluaran dan pemasukan keuangan merupakan hal yang tidak kalah penting. Money Lover merupakan salah satu aplikasi yang mempermudah penggunanya dalam mencatat transaksi harian. Selain itu, catatan tersebut akan dikategorikan sesuai dengan klasifikasinya, seperti uang makan, uang transportasi, ataupun uang belanja. (Nabila Tsamara Pancakusuma)***