upah.co.id – Stres merupakan masalah kejiwaan yang dirasakan oleh berbagai kalangan, termasuk para pekerja .

Para pekerja selalu dituntut untuk menghasilkan yang terbaik dan seringkali bekerja di bawah tekanan. Untuk itu, para pekerja rentan terkena stres .

Lalu bagaimana cara untuk menghadapi stres tersebut? Berikut 7 cara untuk menghadapi stres di tempat kerja.

1. Makan di Luar Kantor

Dengan keluar dari dari area kantor sejenak sambil berjalan menikmati suasana dan udara segar di luar ruangan, akan membuat kita menjadi sedikit lebih rileks.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka kamu bisa mencoba untuk makan selain di atas meja kantor . Dengan begitu, kamu dapat mengurangi stres karena berada di tempat yang sama terus-menerus.

Baca Juga: Tips Parenting Islami Menurut Hadits, Orangtua Wajib Tahu!

2. Relaksasi 5 menit

Relaksasi atau melakukan meditasi ringan dapat membantu meringankan stres . Relaksasi membantu menyegarkan kembali otak yang lelah akibat seharian bekerja.

Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan fokus dalam bekerja.

3. Terorganisir

Salah satu pemicu munculnya stres adalah pekerjaan yang tidak terorganisir dengan baik. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan dari yang lebih penting terlebih dahulu.

Hal tersebut dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari manajemen waktu sehingga kamu dapat lebih terorganisir dalam bekerja.

4. Bangun dan Regangkan Tubuh

Jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk duduk dan bekerja seharian di depan komputer, meregangkan tubuh sesekali sangat perlu dilakukan.

Hal tersebut juga dapat membantu mengurangi kelelahan mata setelah seharian melihat layar komputer untuk waktu yang lama.

5. Diskusi dengan Atasan

Jarang sekali para pekerja meminta pendapat atau berdiskusi dengan atasan terkait masalah yang dihadapi. Dengan mendiskusikan masalah yang dihadapi, kamu mungkin akan mendapat solusi dari masalah tersebut.

Jika hal tersebut tidak membantu, maka kamu bisa mengevaluasi kembali terkait masalah yang dihadapi dan mencoba mencari alternatif lain yang bisa dilakukan.

6. Ambil Napas Sejenak

Mengambil nafas dalam dapat membantu meningkatkan fokus setelah seharian bekerja. Selain out, konsentrasi dapat teralihkan dari situasi yang membuat stres sebelum melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

7. Lihat Masalah sebagai Tantangan

Terkadang kita dapat menemukan solusi kreatif ketika menghadapi masalah dengan pikiran terbuka dan positif.

Pikirkan juga apa yang mungkin dapat dipelajari dari situasi tersebut alih-alih fokus pada hal yang tidak dapat dilakukan.

Itulah 7 cara untuk mengatasi stres ditempat kerja yang seringkali dialami oleh para pekerja . Melakukan perawatan diri sebelum dan setelah bekerja juga perlu dilakukan untuk mengurangi stres . (Dewi Andryani)***