9 Desain Ruang Belajar Lesehan yang Nyaman dan Menarik

Munculnya pandemi sejak tahun 2020 membuat seluruh aktivitas belajar mengajar harus dilakukan dari rumah. Jika pada awalnya anak-anak cukup belajar di ruang makan, sekarang mereka membutuhkan ruang belajar yang nyaman untuk digunakan. Apakah ada pilihan desain ruang belajar lesehan yang nyaman? Tentu saja ada! 

Berbicara soal desain pasti akan ada jawaban yang sangat banyak. Anda tinggal memilih satu dari banyaknya desain-desain tersebut. Dalam artikel ini PEXIO sudah mengumpulkan beberapa desain ruang belajar lesehan yang bisa dijadikan inspirasi. Langsung simak selengkapnya di bawah ini!

9 Inspirasi Desain Ruang Belajar Lesehan

Membuat ruang belajar baru pasti mengharuskan Anda memutar otak untuk mencari solusi terbaik. Apalagi jika luas area di rumah tidak terlalu besar. Bagaimana cara mengakali area rumah Anda untuk membuat ruangan belajar yang nyaman? 

Membuat area belajar lesehan bisa menjadi solusi cerdas! Membuat area belajar lesehan sangat cepat dan mudah dilakukan. Mulai dari hanya membeli meja lipat sampai dengan dekorasi lengkap agar suasana belajar menjadi menyenangkan. Kalau begitu langsung saja perhatikan beberapa desainnya berikut ini. 

1. Simpel dengan Meja Lipat

Simpel dengan Meja Lipat

Membuat desain ruang belajar tidak mengharuskan Anda melakukan renovasi besar-besaran. Anda bisa membuatnya secara sederhana dengan membeli meja lipat untuk anak. Beli meja lipat yang memiliki desain estetik, unik, dan tentu saja nyaman untuk digunakan. 

Hanya dengan membeli satu meja lipat, anak bisa belajar di area mana saja yang mereka inginkan. Suasana belajar jadi tidak bosan karena bisa membawa meja lipat ke seluruh area yang ada di rumah. 

2. Lesehan Ala Jepang

Lesehan Ala Jepang

Desain ruang belajar ala Jepang juga bisa Anda jadikan pilihan. Desain ala jepang memiliki keunikan utama yaitu meja kayu sederhana. Jangan lupakan kursi kayu lesehan supaya anak dapat bersandar dengan nyaman. 

Pinggang dan punggung anak jadi tidak kesakitan apabila harus duduk belajar dalam waktu yang sangat lama. Desain meja dan kursi ala Jepang ini sangat sederhana serta cocok untuk area mana pun di dalam rumah. Anda hanya perlu menentukan posisi paling tepat untuk menaruhnya.

3. Lesehan Belajar dengan Lampu Estetik atau Tumblr

Lesehan Belajar dengan Lampu Estetik atau Tumblr

Area ruang belajar harus bisa memberikan rasa nyaman dan aura positif kepada anak. Kedua hal itu dapat Anda ciptakan dengan menggunakan lampu estetik atau tumblr sebagai hiasan dan pencahayaan. 

Memasang lampu memang selalu berhasil meningkatkan mood dan membuat ruangan terasa hangat. Pemasangan lampu ini juga tidak sulit. Anda bisa menempelnya dengan selotip kertas agar mudah dibersihkan.

4. Area Belajar Samping Tempat Tidur

Area Belajar Samping Tempat Tidur

Membuat area belajar di samping tempat tidur juga dapat menjadi pilihan. Membuat area belajar lesehan di kamar tidur akan membuat privasi anak tetap terjaga. Anak jadi dapat belajar dalam keheningan sehingga materi pelajaran dapat diserap dengan mudah. 

Tidak perlu menambahkan banyak barang dan dekorasi. Taruh saja meja lipat atau meja lesehan di sudut kamar yang kosong. Tambahkan alas duduk supaya anak tidak duduk di lantai yang dingin. 

5. Natural dengan Tanaman

Natural dengan Tanaman

Ingin membuat ruang belajar yang nyaman namun tetap estetik dan segar? Anda bisa menambahkan satu sampai dua tanaman kecil agar pandangan mata anak tidak sakit saat menatap layar laptop berjam-jam. 

Tanaman hias akan membuat waktu belajar anak menjadi lebih menyenangkan dan tenang. Anda bisa menempatkan area belajar ini di dekat jendela supaya cahaya matahari dapat memasuki ruangan belajar tersebut.

Baca juga: 11 Pilihan Tanaman Air Hias Meja untuk Hidupkan Suasana

6. Rak Meja di Sudut Kamar

Rak Meja di Sudut Kamar

Saat ini desain meja lesehan sudah sangat beragam. Apabila bosan dengan meja lipat, Anda bisa membeli rak yang menyediakan meja untuk belajar. Furniture seperti ini sangat fungsional untuk menaruh berbagai buku pelajaran sekaligus tempat belajar anak. 

Ruangan juga terlihat lebih bersih karena semua buku tertata rapi. Ucapkan selamat tinggal pada buku yang sering hilang entah di mana. furniture multifungsi merupakan investasi tepat karena bisa digunakan untuk beberapa tahun mendatang.  

7. Nyaman dengan Karpet dan Bantal

Nyaman dengan Karpet dan Bantal

Penggunaan karpet dan bantal saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat ruang belajar yang nyaman untuk anak. Karpet seperti apa yang bisa digunakan? Semua jenis karpet yang Anda punya di rumah tentu bisa digunakan. 

Karpet berbulu, karpet matt seperti untuk bayi, dan jenis lainnya. Lalu tinggal tambahkan bantal sebagai dekorasi dan sandaran di dinding maka area belajar sudah siap digunakan.

8. Area Belajar Dekat Jendela

Area Belajar Dekat Jendela

Memiliki sudut kosong di dekat jendela? Anda bisa langsung menaruh meja dan alas duduk untuk tempat anak belajar. Belajar di dekat jendela adalah tempat yang pas karena anak jadi memiliki pemandangan ke luar rumah. 

Cahaya sinar matahari yang masuk ke rumah juga dapat meningkatkan semangat anak ketika belajar. Selain itu Anda jadi dapat mengurangi penggunaan lampu karena sinar matahari sudah cukup untuk dapat menerangi seluruh ruangan.

9. Ruang Belajar dengan Meja Lipat di Dinding

Ruang Belajar dengan Meja Lipat di Dinding

Tidak memiliki sisa ruangan yang banyak? Anda tidak perlu khawatir karena menaruh meja lipat di dinding bisa menjadi pilihan. 

Ketika membutuhkan meja belajar maka anak dapat langsung membuka lipatan meja. Lalu saat sudah selesai belajar, meja dapat kembali di lipat. Ruangan di rumah Anda jadi tidak bertambah pengap atau sempit karena tambahan area belajar anak. 

Demikian beberapa desain ruang belajar lesehan yang nyaman dan menarik untuk dicoba. Apakah Anda menemukan desain yang tepat? Membuat area ruang belajar yang layak dan sesuai dengan kebutuhan anak sudah seharusnya dilakukan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *