upah.co.id – Dikabarkan siang ini Abdullah Azwar Anas akan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rabu 7 September 2022.

Azwar Anas dilantik Presiden Jokowi untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Mungkin nama Azwar Anas sudah familiar bagi sebagian orang, namun mungkin tidak sedikit juga yang baru mendengar namanya.

Lalu siapakah sosok Azwar Anas yang akan dilantik menjadi Menteri PAN-RB ini? Simak profil dan jejak karirnya berikut.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber, dibawah ini telah dirangkum profil singkat dan jejak karir Azwar Anas .

Profil Azwar Anas

Azwar Anas atau lengkapnya Abdullah Azwar Anas , S.Pd., S.S, M.Si merupakan seorang politikus Indonesia yang lahir pada 6 Agustus 1973 di Banyuwangi, Jawa Timur.

DIa merupakan suami dari Ipuk Fiestiandani dan memiliki anak bernama Ahmad Danial Azka.

Azwar Anas dibesarkan dalam lingkungan pesantren dengan bekal agama yang kuat, dalam dunia pendidikan dia berpindah-pindah.

Pernah menimba ilmu MI Karangdoro, Tegalsari pada tahun 1980, MI Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura tahun 1982-1983 dan masuk MI Kebunrejo Genteng tahun 1983 hingga 1986.

Pendidikan masa remaja, Azwar Anas pernah masuk SMP Negeri 1 Genteng, lalu pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi pada tahun 1988, kemudian mas SMA dia menghabiskan di SMA Negeri 1 Jember.

Selesai menempuh pendidikan SMA, Azwar Anas masuk perguruan tinggi IKIP Jakarta masuk di Fakultas Teknologi Pendidikan dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Tingkat pendidikan strata dua, Azwar Anas juga menghabiskannya di Universitas Indonesia di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan selesai pada tahun 2005.

Selama menjadi mahasiswa, Azwar Anas diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama masa bhakti 2000-2003.

Jejak Karier

Memilih berkarier menjadi seorang politisi, Azwar Anas pernah menjadi anggota MPR dan menjadi yang termuda, dilantik saat usianya baru menginjak 24 tahun.

Kemudian Azwar Anas pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004 namun keberuntungan masih belum berpihak padanya karena kurangnya perolehan suara.

Sebagai seorang politisi dia tidak berhenti sampai disitu, dalam pemilu berikutnya Azwar Anas berhasil menjadi anggota DPR periode 2004 hingga 2009.

Karirnya dalam dunia politik rupanya tidak hanya berkutat menjadi DPR saja, karena dia merupakan salah satu tokoh muda Nahdlatul Ulama di Banyuwangi. Azwar Anas memiliki atensi dari para tokoh NU dan simpatisan di Banyuwangi.

Melihat peluang itu, kemudian dia mencalonkan diri menjadi bupati Banyuwangi pada tahun 2010, dan mendapatkan suara terbanyak. Hingga membuat dia menjadi pemimpin pemerintahan kabupaten Banyuwangi untuk periode 2010 hingga 2015.

Selama menjadi bupati Banyuwangi, Azwar Anas pernah menyabet penghargaan bergengsi tingkat nasional.Yakni dianugerahkan penghargaan sebagai Tokoh Perubahan 2014 di Djakarta Theatre.***