upah.co.idAda peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) melebur dengan PDIP ?

Menurut Awiek pembentukan koalisi Partai Politik masih cair sampai KPU menerima pendaftaran Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) 2024.

“Karena kan baru per ikatan di antara masing-masing partai bahwa ‘saya akan bertunangan dengan kamu’, ‘saya akan menikah dengan kamu’, tapi menikahnya kapan? Ketika di depan penghulu. Akad, terus daftar surat nikahnya terbit,” kata Awiek di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Februari 2023.

Lantas Awiek menyinggung salah satu kandidat Bacapres pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dia mengaku tak ingin hal itu terjadi pada partainya.

“Pemilu 2019 ada partai yang mendaftar di tengah jalan, ada calon wakil presiden yang sudah siap-siap berangkat, batal. Dalam waktu 5 menit itu janur kuningnya sudah jelas melengkung itu, tapi akad nikahnya belum,” ujarnya.

“Nah kita tidak mau. Maka kemudian kenapa PP tidak mau grasak-gerusuk. Ojo kesusu gitukan,” ujarnya.

Kendati demikian, Awiek merasa wacana pertemuan Puan dengan PPP menjadi hal yang biasa.

Pasalnya, hubungan antara kedua partai ini sudah dekat sejak pencalonan Hamzah Haz dengan Megawati Soekarnoputri.

“Kami di DPR, fraksi PDIP dan PPP biasa bekerja sama, mba puan ketua kami di DPR. Kantor kami dengan PPP PDIP hanya berbatas tembok, gitukan. Ataupun ketika Bu Mega periode ke dua, mau maju ke dua, putaran keduanya PPP gabung ke Bu Mega. Bisa saja, semua sangat mungkin, masih sangat cair hari ini,” katanya ***