upah.co.id – Pemerintah memberi subsidi dan kompensasi energi sehingga harga BBM, listrik, dan LPG 3 kg bisa lebih terjangkau oleh masyarakat. Namun sebenarnya tahu kah kamu apa itu subsidi dan kompensasi?

Sebab hingga saat ini masih banyak di antara kita yang masih belum bisa membedakan antara subsidi dengan kompensasi. Terlebih mengingat bahwa keduanya merupakan kebijakan pemerintah untuk mengendalikan harga barang di masyarakat, membuat banyak orang semakin sulit membedakannya.

Namun perlu diingat bahwa, Subsidi dan Kompensasi memang serupa tapi tidaklah sama. Lantas apa bedanya?

Melansir dari akun Instagram resmi Kemenkeu, secara garis besar perbedaan utama dari subsidi dengan kompensasi adalah mekanisme pembayaran yang dilakukan pemerintah terhadap penyedia layanan (Pertamina dan PLN).

Dijelaskan bahwa subsidi adalah transfer dana dari pemerintah yang membuat harga suatu barang atau jasa menjadi lebih murah. Di Indonesia, ada dua jenis subsidi, yakni subsidi energi (BBM, listrik, dan LPG 3 kg) dan subsidi non-energi (pangan dan pupuk).

Subsidi dibayarkan pemerintah kepada Badan Usaha baik dalam bentuk perusahaan negara, lembaga pemerintah, atau pihak ketiga secara bulanan sesuai realisasi volume penyaluran BBM, LPG, dan listrik ke masyarakat.

Sementara itu, Kompensasi merupakan dana yang dibayarkan oleh pemerintah kepada badan usaha atas kekurangan penerimaan badan usaha sebagai akibat dari kebijakan penetapan harga oleh pemerintah.

Contohnya seperti pada kompensasi BBM yang diberikan kepada PT Pertamina (Persero) atau kompensasi listrik yang diberikan kepada PT PLN (Persero).

Kompensasi sendiri biasanya dibayarkan sekaligus atau bertahap sesuai hasil reviu/pemeriksaan auditor (BPK) dan Rakor 3 Menteri (Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan Menteri BUMN).

Jadi antara subsidi dengan kompensasi hanya mekanisme pembayarannya saja yang berbeda, tapi tujuannya sama yakni untuk:- mengendalikan inflasi- membantu rumah tangga miskin mendapatkan akses terhadap sumber energi- membantu nelayan, petani, dan usaha kecil lainnya

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa subsidi dan kompensasi, meskipun serupa dengan tujuan yang sama tapi mekanisme pembayarannya berbeda.