upah.co.idDiketahui, surat tersebut diteken oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan ditembuskan kepada Presiden, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sebagai laporan. Keterangan soal arahan larangan buka puasa bersama itu pun turut dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

“Sudah dicek surat itu benar,” katanya dilaporkan Antara, Kamis, 23 Maret 2023.

Surat yang ditujukan untuk para menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan kepala badan/lembaga itu meminta agar seluruh pihak yang disebutkan tersebut dapat mematuhi arahan. Mereka juga diminta untuk meneruskan arahan Jokowi tersebut kepada seluruh pegawai di instansi masing-masing.

“Demikian disampaikan agar Saudara mematuhi arahan Presiden dimaksud dan meneruskan kepada seluruh pegawai di instansi masing-masing,” ujar keterangan dalam surat tersebut.

Selain itu, dalam surat tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga diminta untuk menindaklanjuti arahan Jokowi ke para gubernur, bupati, dan wali kota. Sebagai informasi, terdapat tiga arahan yang tercantum dalam surat tersebut, yaitu sebagai berikut ini;

1. Penanganan Covid-19 saat ini dalam transisi dari pandemi menuju endemi, sehingga masih diperlukan kehati-hatian.

2. Sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan buka puasa bersama pada bulan suci Ramadhan 1444 H agar ditiadakan.

3. Menteri Dalam Negeri agar menindaklanjuti arahan tersebut di atas kepada para gubernur, bupati, dan wali kota.

Baca Juga: Tempat Hiburan Malam yang Bergabung dengan Hotel Berbintang di DKI Boleh Dibuka, Simak Jam Operasionalnya

Oleh karena ketiga arahan itu, diketahui bahwa alasan Jokowi menginstruksikan agar pelaksanaan acara buka puasa bersama ditiadakan pada tahun ini adalah mengingat penanganan Covid-19 tengah berada dalam kondisi transisi menuju endemi, sehingga kehati-hatian masih perlu diterapkan.

Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan hasil Sidang Isbat Ramadhan 2023, dan menetapkan bahwa awal puasa jatuh pada 23 Maret 2023. Penetapan itu dilakukan usai pemantauan hilal atau rukyatul hilal di 124 titik lokasi di seluruh Indonesia digelar.

“Bahwa 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.***