upah.co.id – MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano , Italia, menjadi balapan terakhir bagi Andrea Dovizioso di MotoGP. Pebalap tuan rumah ini memutuskan untuk pensiun.

Meskipun hanya bisa finis di posisi ke-12, tapi Dovizioso mengaku sangat senang. Apalagi, ketika dia mendapatkan sambutan hangat dari seluruh penggemarnya di Italia.

“Akhir pekan ini sangat gila. Saya sangat tidak menyangka banyak orang akan mendukung saya dengan cara yang gila. Saya menangis semalam (Sabtu) melihat video persembahan dan lainnya,” ujar Dovizioso, dikutip dari , Selasa (6/9/2022).

Dovizioso menambahkan, dirinya sangat senang dan momen tersebut tidak akan bisa lebih baik lagi. Keputusannya untuk berhenti di Misano sudah tepat dan dia pun berterima kasih pada Yamaha dan timnya.

“Semalam, tim saya melakukan sesuatu dengan teman-teman saya dan membuat video dari pebalap lainnya yang sangat emosional. Hal itu normal ketika Anda tidak bersaing untuk juara dunia, karena Anda tidak begitu penting sepanjang musim tersebut,” kata Dovizioso.

“Tapi, ketika Anda memutuskan untuk pensiun, semua orang akan melihat Anda dengan berbeda, karena mereka mulai benar-benar fokus pada apa yang Anda lakukan dan selanjutnya. Tapi, saya tidak menyangka akan sebesar itu,” ujarnya.

Dengan Dovizioso pensiun, maka berakhir satu era MotoGP. Salah satu era yang disebut banyak orang sebagai era keemasan, di mana terdapat Casey Stoner , Jorge Lorenzo , Dani Pedrosa , dan Valentino Rossi , bersaing dalam satu musim.