upah.co.idSleep call berasal dari kata sleep yang berarti tidur dan call yang berarti panggilan. Dengan kata lain orang yang melakukan sleep call ini akan bertelepon hingga tertidur dan tak jarang panggilan telepon tetap menyala hingga pagi hari.

Tren ini mulai muncul ketika pandemi Covid-19 yang melanda dunia hingga dan membuat banyak orang sulit untuk bertemu secara tatap muka. Dibalik manfaatnya untuk para pasangan terutama yang sedang menjalani LDR, tentu ada beberapa dampak buruk dari melakukan panggilan telepon semalaman.

Lantas apa saja efek buruk sleep call ini? Simak ulasannya berikut ini, dilansir dari Hello Sehat.

1. Dapat menurunkan kualitas tidur seseorang

2. Radiasi

Pasti Anda mengetahui efek radiasi yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel secara terus menerus. Radiasi ini dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri pada otot hingga mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Oleh karena itu, tidak boleh meletakkan ponsel terlalu dekat terutama saat tidur.

3. Rawan terkena kanker

Ponsel memiliki medan elektromagnetik yang mampu menghasilkan karsinogen yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan tumor. Meski demikian, masih belum ada penelitian lebih lanjut terkait informasi tersebut, namun Anda tetap mewaspadai diri untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel saat melakukan sleepcall.

4. Mengurangi konsentrasi

Sleepcall dapat mengurangi konsentrasi saat pagi hari karena jam tidur Anda kurang. Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang sulit untuk fokus dalam beraktivitas di pagi hari. Pada akhirnya Anda memilih untuk mengonsumsi kafein terlalu banyak untuk menghilangkan rasa kantuk.

Itulah informasi singkat seputar apa itu sleep call beserta bahaya yang ditimbulkannya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan untuk Anda!