upah.co.id

PIKIRAN RAKYAT – Artis Aurelie Moeremans menceritakan tentang sakitnya ke publik. Sakit yang diidapnya sudah dirasakan sejak Desember 2022. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Aurelie Moeremans mengidap tumor colli.

Menurut cerita Aurelie, dokter curiga tumor tersebut muncul karena dia mempunyai riwayat TMJ. Alhasil, Aurelie pun mendapat obat berupa suntik Botulinum Toxin. Namun hasilnya tidak memuaskan.

Kondisinya saat ini membuat Aurelie tidak percaya diri setiap bertemu orang lain. Bahkan Aurelie Moeremans kehilangan beberapa pekerjaan besar gara-gara hal tersebut.

Tumor colli adalah massa yang timbul pada leher, khususnya pada daerah leher depan, yang terdiri dari jaringan lunak seperti otot, selaput, kelenjar ludah, dan jaringan lemak. Tumor colli biasanya terjadi pada bayi atau anak-anak, dan dapat dirasakan sebagai benjolan di bawah kulit pada daerah leher depan.

Tumor colli biasanya tidak menyebabkan gejala atau rasa sakit pada bayi atau anak-anak yang mengalaminya, dan cenderung tumbuh perlahan-lahan. Namun, jika ukurannya cukup besar, tumor colli dapat mengganggu fungsi organ dan jaringan di sekitarnya, dan dapat mengganggu pernapasan atau menelan.

Diagnosis tumor colli biasanya dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik oleh dokter, dan pada kasus yang lebih kompleks dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan teknologi pencitraan seperti ultrasonografi atau CT scan.

Pengobatan tumor colli biasanya dilakukan dengan tindakan operasi pengangkatan tumor, dan prognosisnya baik pada kebanyakan kasus. Namun, setiap kasus dapat bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi, dan sifat dari tumor colli tersebut.

Tumor colli pada kebanyakan kasus tidak menyebabkan gejala atau rasa sakit pada bayi atau anak-anak yang mengalaminya. Namun, ketika tumor colli tumbuh cukup besar, pasien mungkin merasakan beberapa gejala seperti:

Jika Anda atau anak Anda mengalami benjolan di leher atau gejala yang mencurigakan lainnya, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Penyembuhan tumor colli biasanya dilakukan dengan tindakan operasi untuk mengangkat tumor secara keseluruhan. Operasi ini dapat dilakukan pada bayi dan anak-anak dengan menggunakan anestesi umum.

Sebelum operasi dilakukan, pasien mungkin perlu menjalani beberapa tes dan pemeriksaan untuk mengevaluasi kesehatan dan kemampuan pasien untuk mengatasi prosedur operasi.

Setelah operasi, pasien biasanya akan mengalami sedikit rasa sakit dan pembengkakan pada daerah leher selama beberapa hari. Dokter mungkin meresepkan obat pereda nyeri atau obat anti-inflamasi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Pasien juga perlu melakukan perawatan luka pasca operasi dan menghindari aktivitas yang terlalu berat selama beberapa minggu untuk memastikan pemulihan yang optimal. Dokter juga mungkin merujuk pasien untuk menjalani terapi tambahan seperti terapi radiasi atau kemoterapi jika diperlukan.

Prognosis untuk tumor colli biasanya sangat baik setelah operasi, dengan tingkat kesembuhan yang sangat tinggi. Namun, setiap kasus dapat bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi, dan sifat dari tumor colli tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien untuk mengikuti semua instruksi dari dokter dan menjalani perawatan dengan benar untuk memastikan kesembuhan yang optimal.***