upah.co.id – Kondisi di Argentina semakin mengkhawatirkan. Inflasi diperkirakan akan mencapai 95% menurut jajak pendapat bulanan yang diterbitkan Jumat oleh bank sentral.

Perkiraan terbaru untuk lonjakan harga konsumen adalah 4,8 poin persentase lebih tinggi dari perkiraan bulan sebelumnya. Analis memperkirakan bahwa inflasi Argentina naik 6,5% pada Agustus.

Sementara itu, tingkat inflasi tahunanpada 2023 negara Amerika Selatan diperkirakan akan mencapai 84%, dan turun menjadi 63% pada 2024, menurut jajak pendapat tersebut.

Para analis pun menaikkan proyeksi mereka untuk pertumbuhan ekonomi Argentina tahun ini menjadi 3,6%, naik hampir 0,2 poin persentase dibandingkan dengan jajak pendapat bulan lalu.

Ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin telah lama menderita inflasi tinggi, yang diperparah oleh efek perang antara Ukraina dan Rusia.

Peserta jajak pendapat oleh bank sentral Argentina juga memperkirakan rata-rata nilai tukar resmi di Argentina pada bulan Desember mencapai 170,11 peso per dolar AS.