upah.co.id – Laporan intel Amerika Serikat (AS) pada Rabu (8/3/2023) mengatakan, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir lagi.

Uji coba nuklir Korea Utara ini dalam rangka membangun persenjataan nuklir yang Kim Jong Un pandang sebagai penjamin utama pemerintahannya.

Kim Jong Un juga kemungkinan akan terus menembakkan rudal berkemampuan nuklir dalam upaya menormalkan pengujian rudal Pyongyang, kata laporan Penilaian Ancaman Tahunan 2023, dikutip dari kantor berita AFP.

Korea Utara telah melakukan enam uji coba nuklir sejak 2006 dan intensitasnya terus meningkat. Uji coba nuklir terakhirnya dilakukan pada 2017.

“Korea Utara mungkin sedang bersiap menguji perangkat nuklir untuk melanjutkan tujuan modernisasi militernya,” kata laporan Kantor Direktur Intelijen Nasional AS.

“Kim hampir pasti memandang senjata nuklir dan ICBM sebagai penjamin utama pemerintahan otokratisnya dan tidak berniat meninggalkan program-program itu, ia percaya bahwa seiring waktu akan diterima secara internasional sebagai kekuatan nuklir,” urai laporan itu.

Laporan tersebut juga mengeklaim, Korea Utara mendanai program nuklirnya dari hasil kegiatan kriminal, termasuk pencurian mata uang kripto.

“Dalam satu pencurian pada 2022, Pyongyang mencatatkan rekor pencurian 625 juta dollar AS (Rp 9,65 triliun) dari perusahaan teknologi blockchain yang berbasis di Singapura,” menurut laporan tadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korut menguji coba rudal antarbenua dan balistik dengan kecepatan yang semakin tinggi. Tahun lalu saja negara itu menembakkan lebih dari 60 rudal.

Dalam enam bulan terakhir, Korea Utara mengatur waktu peluncuran misilnya bertepatan dengan latihan militer gabungan AS-Korea Selatan.

“Pyongyang mungkin menginginkan aliansi untuk mengurangi kecepatan dan skala latihan dengan tujuan akhir merusak kekuatan (hubungan pertahanan AS-Korea Selatan),” kata laporan Penilaian Ancaman Tahunan 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey