upah.co.id – Aurora atau cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer dari sebuah planet.

Aurora terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Sebuah video menakjubkan yang direkam dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS ) telah menangkap tontonan luar biasa dari aurora berkilauan yang terlihat dari luar angkasa.

ISS mengunggah rekaman di Twitter pada Minggu setelah badai geomagnetik moderat menghantam Bumi .

Video selang waktu menunjukkan pemandangan dari stasiun luar angkasa saat melakukan perjalanan di atas Samudra Hindia menuju Laut Koral di timur Australia. Selama waktu itu, aurora dapat dilihat.

Video selang waktu ini menunjukkan lintasan orbit di atas Samudra Hindia yang diselimuti aurora sampai ke Laut Koral yang diterangi cahaya bulan di sebelah timur Australia,” kata keterangan unggahan Twitter tersebut.

Aurora juga dikenal sebagai cahaya utara atau selatan, yakni adalah tampilan cahaya yang hidup yang disebabkan ketika partikel gas di atmosfer Bumi dan partikel bermuatan dari Matahari bertabrakan.

Fenomena ini terjadi di bagian atas atmosfer bumi dan sebagian besar terlihat di lintang tinggi atau kutub.

Menurut Badan Antariksa Kanada, aurora terjadi pada ketinggian yang kira-kira sama dengan stasiun luar angkasa, yang berarti astronot terkadang dapat melihatnya setinggi mata.

Sejak dibagikan, cuitan tersebut telah mengumpulkan lebih dari 113.000 views dan hampir 3.000 likes.

Video tersebut membuat para netizen terheran-heran.

Begitu indah dan mempesona! Tampaknya penuh teka-teki dan misterius,” kata seorang netizen.

Oh ya, ciptaan yang indah itu dan semua kehidupan menakjubkan yang ada di dalamnya kebetulan ada tanpa Pencipta. Tuhan mencintai keindahan!” kata netizen lain.

Benar-benar menarik,” kata seorang netizen.

Tempat impian setiap pengamat bintang. Pemandangan alam semesta kita yang menakjubkan dari ISS ,” kata netizen.***