upah.co.id – Asus mengumumkan laptop terbarunya dari jajaran Republic of Games ( ROG ) series di Indonesia pada Selasa (28/2/2023) di Menteng, Jakarta Pusat.

Total, ada enam produk yang diperkenalkan. Produk tersebut terdiri dari lima model ROG (ROG Strix Scar, ROG Strix G-series, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16, dan ROG Flow Z13) dan satu model dari TUF Gaming (TUF gaming F15 2023).

Walau keenam model tersebut mengusung nama yang berbeda-beda, seluruh produk kompak ditenagai oleh prosesor (CPU) dari Intel Core generasi ke-13 (Raptor Lake). Prosesor ini mengalami peningkatan dari versi sebelumnya yang ditenagai oleh Intel Core generasi ke-12.

“Jajaran laptop gaming ROG tahun ini tidak hanya sekadar tampil dengan pembaruan spesifikasi hardware saja, tetapi juga memiliki tampilan dan fitur baru yang telah dirancang khusus untuk memanjakan para gamer dan kreator” kata Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Kendati demikian, Asus sendiri masih belum mengumbar lebih lanjut terkait rincian harga keenam produk barunya. Pihak perusahaan hanya mengumbar spesifikasi dan pembaruan yang dihadirkan tiap perangkat. Berikut adalah rincian spesifikasinya.

Asus ROG Strix Scar 16 dan Scar 18

Asus ROG Strix Scar yang diumumkan merupakan model teratas dari seluruh model yang diperkenalkan. Model Asus ROG Strix Scar yang diluncurkan terdiri dari Scar 16 dan Scar 18.

Penambahan angka di belakang nama model merujuk pada ukuran layar perangkat. ROG Strix Scar 16 mengusung layar berukuran 16 inci, sedangkan ROG Strix Scar 18 datang dengan layar berbentang 18 inci.

Meski hadir dengan ukuran layar yang berbeda, keduanya dibekali spesifikasi yang serupa. Misalnya, Scar 16 dan Scar 18 sudah mengusung ROG Nebula Display dengan resolusi Quad HD, refresh rate 240Hz, color gamut 100 persen DCI-PE, tingkat kecerahan maks 1.000 nits, dan response time 3 ms.

Untuk mendukung performanya, ROG Scar 16 dan Scar 18 ditenagai oleh prosesor i9-13980HX generasi ke-13. Sementara itu, kartu pengolah grafis (GPU) yang diandalkan adalah Nvidia GeForce RTX 4090 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 175 watt.

Prosesor tersebut dipadu dengan RAM DDR5 seluas 64 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB+2TB dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0.

Untuk daya tahannya, Scar 16 dan Scar 18 topang baterai 90 watt per hours (Whrs) dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging). Kedua laptop juga dibekali sistem pendingin dari ROG Intelligent Cooling, Tri-Fan Technology, dan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11. Fitur pendukungnya di bagian keyboard, Scar 16 dan Scar 18 sudah dibekali Mini LED, Wi-Fi 6E, pengisian daya bisa dilakukan melalui colokan USB-C, serta Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Asus ROG Strix G16 dan G18

ROG Strix G16 dan G18 merupakan laptop seri ROG yang spesifikasinya berada di bawah ROG Strix Scar. Di atas kertas, Strix G16 dan Strix G18 hadir dengan fitur dan spesifikasi yang cukup serupa dengan ROG Strix Scar 16 dan Scar 18 di atas.

Perbedaan yang paling mencolok terletak pada kartu pengolah grafis yang disematkan dan kapasitas memori (RAM) yang dihadirkan. Sebab, Strix G16 dan Strix G18 datang dengan chip grafis Nvidia GeForce RTS 4080 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 175 watt.

Sementara itu, kapasitas RAM yang dihadirkan mentok di LPDDR5 seluas 32 GB TB dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0.

Asus ROG Zephyrus M16 dan G16

Beralih ke model selanjutnya, ROG Zephyrus series merupakan laptop Asus ROG yang dikenal sebagai perangkat yang ringkas dengan performa yang mumpuni di kelasnya.

Seri Zephyrus yang diperkenalkan adalah Zephyrus M16 dan G16. Walau keduanya memiliki nama model yang berbeda, Zephyrus M16 dan G16 sama-sama datang dengan layar berdiagonal 16 inci, refresh rate 240Hz, tingkat kecerahan maksimal 1.100 nits, color gamut 100 persen DCI-P3, serta Anime Matrix.

Laptop seri ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H (CPU). Akan tetapi terdapat perbedaan pada kartu pengolah grafis yang digunakan.

ROG Zephyrus M16 mengandalkan grafis dari Nvidia GeForce RTX 4090 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 145 watt, sedangkan Zephyrus G16 menggunakan Nvidia GeForce RTX 4070 disertai MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus.

Laptop ini dibekali RAM LPDDR5 berjenis SO-DIMM seluas 64 GB. Sementara itu, baterai yang dimiliki berkapasitas 90 Whrs dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging).

Sistem pendingin yang digunakan adalah ROG Intelligent Cooling, Tri-Fan Technology dengan Liquid Metal dan Arc Flow Fans. Fitur pendukung lainnya adalah memiliki enam speaker dual force-cancelling woofers, dan pengisian daya cengan Thunderbolt 4.

Asus ROG Flow Z13 2023

Asus ROG Flow merupakan seri yang dapat digunakan sebagai tablet gaming, karena layarnya bisa dicopot dari keyboard.

Asus ROG Flow Z13 2023 memiliki layar berukuran 15 inci yang sudah mengusung panel ROG Nebula Display 13,4 inci dengan resolusi WQXGA (2.560×1.600 piksel), refresh rate 165 Hz, DCI-P3 100 persen, tingkat kecerahan 500 nits, dan sudah dilapisi kaca pelindung Corning Glass 5.

Tablet ROG Flow Z13 sudah ditenagai oleh Intel Core i9-139000H dengan opsi chip grafis Nvidia GeForce RTX 4060, 4050, dan 2050. Fitur pendukung lainnya adalah adanya sistem pendingin dengan vapor chamber dan liquid metal, port Thunderbolt 4 dan USB-C untuk pengisian daya hingga 130 watt.

Asus TUF Gaming F15 dan F17

Produk terakhir adalah Asus TUF Gaming F15 dan F17. Laptop ini merupakan perangkat gaming mainstream yang dikhususkan untuk pengguna pemula.

Perangkat ini hadir dengan ukuran layar 15 inci dan 17 inci yang masing-masing beresolusi Full HD, refresh rate 144Hz, dan sudah 100 persen sRGB. Untuk mendukung performanya, laptop ini diotaki oleh Intel Core i9-139000H, RAM LPDDR4, 512 GB SSD yang mendukung mendukung standar PCIe 4.0, dan chip grafis RTS 4060.

Dari spesifikasi di atas, TUF Gaming F-series datang dengan sedikit penurunan pada jenis RAM yang dipakai. Sebelumnya, TUF Gaming F15 2022 menggunakan RAM berjenis LPDDR5, kini RAM yang dipakai di versi terbaru adalah LPDDR4.

Menurut Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah konsumen pemula yang ingin melakukan upgrade laptop gaming.

“Banyak masukan dari gamer yang menggunakan TUF (kalau) harga dari DDR5 masih mahal, dan mereka kesulitan untuk upgrade. Pengguna TUF itu adalah pengguna pemula, entry-level, budget-nya gak sebanyak orang yang mau beli laptop ROG high-end. Mereka lebih cenderung pakai DDR4, jadi kamu mengikuti permintaan pasar,” ujar Danu di acara yang sama.

Beralih ke daya tahan perangkat, baterai yang dimiliki berkapasitas 90 Whrs dan dapat diisi melalui port Thunderbolt 4 100 watt. Perangkat ini juga disebut sebagai laptop yang tangguh karena sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810 H.

Fitur pendukung lainnya adalah memiliki ukuran touchpad 26 persen lebih luas dibanding sebelumnya, Hi-Res Audio, Dolby Atmos. Varian warna yang dihadirkan ke Indonesia adalah warna Jaeger Grey saja.

Selain belum mengumumkan harga, Asus Indonesia juga belum membeberkan kapan jajaran laptop terbarunya akan dirilis di Tanah Air.

“Kami tidak sabar untuk segera menghadirkan semua jajaran laptop gaming terbaru ini di Indonesia,” pungkas Lin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.