upah.co.id – Presiden Jokowi telah mengantongi nama pengganti almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Jokowi menunjuk Azwar Anas untuk mengisi kekosongan jabatan menteri tersebut dan akan melantiknya hari ini, Rabu, 7 September 2022.

“Hari ini pukul13.30 WIB Azwar Anas akan dilantik,” kata sumber internal istana kepresidenan di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.

Jabatan kosong itu sebelumnya terjadi sejak ditinggalkan Tjahjo Kumolo karena wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di usia ke-64 tahun pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta.

Tjahjo Kumolo sebelumnya sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak pertengahan Juni akibat komplikasi yang diidapnya.

Dia sebelumnya telah berkiprah selama 35 tahun sejak 1987 hingga 2022 di dunia perpolitikan Tanah Air dan pemerintahan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kemudian ditunjuk sebagai Menteri PAN-RB interim sejak 4-15 Juli 2022.

Setelah 15 Juli 2022 sampai saat ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Kemananan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengisi jabatan tersebut sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri PAN-RB .

Mengintip rekam jejaknya di dunia politik dan pemerintahan, Azwar Anas pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Dia juga merupakan mantan Bupati Banyuwangi dua periode pada tahun 2010-2015 diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan.

Setelah masa jabatannya usai, sejak 13 Januari 2021 sampai sekarang, pemilik nama lengkap Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan barang /Jasa (LKPP).

Selama menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar ANas banyak melahirkan pariwisata baru di kabupaten tersebut dengan menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Dia juga pernah meraih penghargaan Innovation Goverment Award sebagai kabupaten terinovatif di Indonesia pada tahun 2018.***