upah.co.id – Bali United Training Center di kawasan Pantai Purnama, Gianyar, Bali, mulai menerima pemesanan dari negara-negara peserta Piala Dunia U20 untuk menjalani latihan menjelang kompetisi pada 20 Mei 2023–11 Juni 2023.

Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri menyampaikan ada tim nasional peserta Piala Dunia U20 yang telah menghubungi pengelola untuk memesan tempat latihan tersebut.

“Ada tim yang booking training center dari Bali United selama 8 hari sebelum Piala Dunia U20 dimulai. Namun, terkait negara mana saja yang menyewa belum boleh diberi tahu dulu. Sebab, belum tahu berapa tim Piala Dunia U20, nanti pasti akan tahu sendiri,” kata Yabes sebagaimana dikutip dari laman resmi klub di Denpasar, Selasa.

Bali United Training Center telah menjadi lokasi pemusatan latihan (TC) salah satunya oleh tim nasional sepak bola senior Indonesia sewaktu mereka bersiap untuk Piala AFF 2022. Tempat latihan itu juga menjadi lokasi turnamen Barati Cup 2023 Road to Gothia Cup 2023.

Tempat latihan milik Bali United itu terdiri atas tiga lapangan dan beberapa fasilitas penunjang yang saat ini masih dalam proses penyelesaian.

“Pembangunan (fasilitas-fasilitas penunjang, red.) akan jalan terus dan tidak akan pernah selesai. Tetapi, sebelum Piala Dunia U20 nanti, tiga lapangan sudah bisa digunakan dengan tambahan tribun penonton yang sudah jadi, serta fitness center. Untuk Bali United Cafe sepertinya masih belum,” kata Yabes Tanuri.

Piala Dunia U20 pada tahun ini bakal digelar di beberapa lokasi, yaitu di Bali, Surabaya, Solo, Bandung, Jakarta, dan Palembang. Di Bali, pertandingan berlangsung di markas Bali United FC, yaitu di Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar.

Sementara itu, beberapa lapangan juga dipersiapkan oleh Kementerian PUPR dan lembaga terkait untuk sesi latihan (official training), antara lain di Stadion Ngurah Rai, Gelora Samudera Kuta, Lapangan Gelora Tri Sakti Legian, dan Lapangan Kompyang Sujana Denpasar.

Setidaknya ada 24 negara yang akan memperebutkan gelar juara di Piala Dunia U20 tahun ini, tetapi sejauh ini baru ada 16 negara yang dipastikan akan bertanding, yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika (CONCACAF), Guatemala (CONCACAF), Honduras (CONCACAF), Amerika Serikat (CONCACAF), Inggris (UEFA), Prancis (UEFA), Israel (UEFA), Italia (UEFA), Slovakia (UEFA), Fiji (OFC), Selandia Baru (OFC), Brazil (CONMEBOL), Uruguay (CONMEBOL), Kolombia (CONMEBOL), dan Ekuador (CONMEBOL).

Pengundian (drawing) grup Piala Dunia U20 dijadwalkan berlangsung di Taman Werdhi Budaya Art Centre, Denpasar, Bali, pada 31 Maret.