Berapa Lama Wasir Bertahan? Berikut Faktor Penyebab dan Cara Penyembuhannya

upah.co.id – Wasir sering kali membuat penderitanya tak nyaman dengan kondisi yang sedang dialaminya, bahkan sampai mengeluhkan kapan akan berakhir. Pada beberapa orang, keluhan wasir dapat sembuh setelah beberapa hari.

Akan tetapi pada kasus lain, wasir akan bertahan dan kambuh atau bahkan menjadi lebih besar dan mungkin memerlukan pengobatan medis untuk meminimalkan gejala dan mengecilkan wasir .

Wasir berasal dari kumpulan kecil pembuluh darah dari anus dan rektum bagian bawah yang berkembang ketika pembuluh darah menjadi bengkak atau teriritasi. Wasir dapat membuat penderitanya merasakan sakit dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman seperti, duduk atau berjalan.

Dilansir dari Medicalnewstoday, tidak ada durasi yang ditetapkan untuk wasir . Menurutnya wasir kecil dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun dalam beberapa hari. Namun, wasir eksternal yang besar mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Apabila wasir tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya Anda menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih optimal. Adapun faktor risiko wasir yang parah atau berulang yang dapat mempersulit penyembuhan wasir sehingga masalah tersebut bertahan lebih lama sebagai berikut.

1. Tidak mendapatkan cukup serat.

2. Menjalani gaya hidup yang buruk.

3. Mengalami sembelit yang kronis.

4. Mengalami diare kronis.

5. Mengejan saat buang air besar.

Terkait dengan perawatan bedah yang dilakukan oleh dokter, disebutkan bahwa hanya sedikit orang dengan wasir parah yang menjalani operasi. Dokter akan merekomendasikan operasi apabila jika semua perawatan lain tidak berhasil dilakukan.

Pada seseorang yang mengalami wasir parah mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif, termasuk prosedur medis. Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk penderita wasir .

1. Mengonsumsi suplemen serat atau sayur dan buah-buahan.

2. Duduk di bak air hangat, atau dikenal dengan mandi sitz.

3. Menerapkan kompres dingin.

4. Minum cairan yang cukup.

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti aspirin atau ibuprofen.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gejala, pendarahan dubur, pusing atau sakit kepala ringan, perubahan warna tinja, gejala yang bertahan bahkan setelah satu minggu. Namun, setelah berkonsultasi dengan dokter, umumnya dokter akan melakukan rekomendasi pengobatan sesuai dengan tingkat keparahan dan jenis wasir .

Perubahan pola makan dan gaya hidup sehat dapat membantu penyembuhan dan pencegahan bagi orang yang terkena wasir secara teratur. Mengejan saat buang air besar merupakan penyebab umum wasir , tetapi dapat dilakukan dengan penyesuaian pola makan untuk mengurangi kebutuhan mengejan.

Mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian yang kaya akan serat dapat membantu mengumpulkan air di tinja, dan akan membuatnya lebih lembut dan mudah untuk dikeluarkan. Banyak minum air putih juga dapat membantu memastikan tubuh memiliki hidrasi yang cukup untuk pencernaan yang sehat, juga dapat meredakan sembelit .***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!