upah.co.id – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memastikan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) hasil pengalihan subsidi bahan bakar minyak ( BBM ) akan segera turun kepada masyarakat.

Anggaran yang dialihkan dari subsidi BBM ke BLT itu bernilai sebesar Rp12,4 triliun. Seluruhnya dipastikan akan sampai ke tangan penerima per bulan September dan November 2022.

“Pembayaran pertama bulan ini (September) Rp300 ribu dan (pembayaran) berikutnya nanti mungkin November kali ya,” ujar Suahasil, saat ditemui wartawan di Kompleks DPR RI di Jakarta, Selasa, 6 September 2022.

BLT yang bersumber dari alih anggaran subsidi BBM ini akan diberikan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: BLT BBM 2022 Cair Bulan Ini! Berikut Cara Cek Nama Penerima, Bisa Secara Online

Masing-masing keluarga, akan mendapatkan Rp600.000 dalam pembayaran yang akan dilakukan secara bertahap.

Rp300.000 akan dibayarkan pemerintah pada bula September, sementara pembayaran kedua dengan nominal sama, yaitu Rp300.000 akan berlangsung pada November.

Nantinya, seluruh KPM bidikan yang berhak atas BLT BBM ini akan menerima bantuan melalui Kantor Pos.

Simak Syarat mendapatkan BLT BBM 2022, hingga cara memeriksa apakah Anda termasuk ke dalamnya atau tidak.

Baca Juga: Cara Daftar Jadi Penerima Bansos BLT BBM Rp600.000, Mudah dan Praktis

Syarat Dikategorikan sebagai KPM

Kriteria keluarga penerima manfaat adalah keluarga miskin yang setidaknya memiliki satu syarat penghuni di dalamnya.

Syarat tersebut diantaranya ibu hamil, anak usia dini 0 sampai dengan 6 tahun, penyandang disabilitas berat, dan orang lanjut usia diutamakan 70 tahun ke atas.

KPM juga menghimpun kategori keluarga miskin yang memiliki setidaknya satu anak dengan pendidikan SD/Sederajat, pendidikan SMP/Sederajat, dan pendidikan anak SMA/Sederajat.

Selain itu, kategori KPM ditempati keluarga miskin yang memiliki anak usia 6 sampai dengan 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600.000, Plus Cara Daftar Penerima Baru BLT hingga Laporkan yang Tidak Berhak

Cara Memeriksa Anda Termasuk KPM atau Bukan

Semua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Untuk memeriksanya, penerima tinggal mengakses cekbansos.kemensos.go.id, dan mencocokkan data berupa Nama Penerima, Umur, Jenis Bansos, Status Keterangan, dan Periode.

Jika nama yang dimasukkan terdaftar sebagai KPM DTKS, maka penerima bisa segera melakukan proses pencairan BLT BBM 2022 sebesar Rp600.000.

Selain itu, pengecekan dan pencairan juga bisa dilakukan di PT Pos Indonesia atau melalui RT/RW maupun petugas kelurahan/desa setempat. Penerima dapat menghubungi pejabat di wilayah masing-masing. ***