upah.co.id – Penerima bantuan sosial (bansos) bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2022 dapat mengusulkan atau mendaftarkan diri secara mandiri.

Pendaftaran mandiri penerima bansos BLT BBM dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos milik Kemensos, yang akan melalui proses verifikasi dan validasi. Jika data diterima, maka akan ditetapkan sebagai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sebagai informasi, pembaruan DTKS Kemensos akan diperbarui setiap bulan, untuk menjamin penyaluran bansos termasuk BLT BBM tepat sasaran.

Dokumen pendaftaran penerima BLT BBM Kemensos 2022

Disadur dari informasi resmi, pengusulan atau pendaftaran penerima bansos BLT BBM 2022 memerlukan dokumen berupa foto KTP dan foto kondisi rumah dari individu yang didaftarkan.

Foto KTP dan kondisi rumah dari pendaftar tersebut diunggah pada aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Selain itu, Anda diminta mengisikan nomor kartu keluarga, dan informasi pribadi lainnya sesuai data kependudukan, dikarenakan akan melalui proses verifikasi dan pemadanan data.

Cara daftar penerima bansos BLT BBM Kemensos 2022

Pendaftaran atau pengusulan penerima bansos BLT BBM Kemensos dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Setelah mengunduh aplikasi Cek Bansos, maka akan muncul halaman login. Anda dapat membuat akun baru dengan klik tombol “Buat Akun Baru”.

2. Anda wajib mengisikan informasi sesuai data kependudukan, dikarenakan proses ini akan dipadankan dengan data Dukcapil.

3. Setelah selesai mengisi data diri dan mengunggah foto KTP, secara otomatis akan dikirimkan kode OTP melalui alamat e-mail.

4. Login ke aplikasi Cek Bansos dengan akun yang telah terdaftar, lalu pilih menu ‘Daftar Usulan’. Pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat.

5. Isikan data kependudukan dari orang yang diusulkan, seperti nomor kartu keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta informasi lainnya yang dibutuhkan.

6. Setelah itu, unggah swafoto KTP dan foto kondisi rumah dari yang individu didaftarkan. Klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai.

Anda dapat menunggu proses verifikasi oleh Kemensos, yang akan disampaikan melalui alamat e-mail.

Cek penerima BLT BBM Kemensos 2022

Lebih lanjut, penerima BTL BBM dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Pengecekan penerima bansos dilakukan dengan memasukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.

Selanjutnya masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP, dan ketikkan kode captcha yang tersedia, dan klik tombol “Cari Data”.

Sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang diinputkan. Nantinya, akan muncul data nama penerima dan jenis bansos yang diterima, baik BPNT, BST, PKH, PBI-JK, maupun BLT BBM.

Begini cara cek BLT BBM Kemensos 2022