upah.co.id – Telat datang bulan merupakan ciri-ciri awal hamil yang paling umum dialami.

Namun, sebagian wanita memiliki siklus datang bulan yang tidak teratur, sehingga hamil muda kerap kali tidak disadari, padahal mengetahui kondisi kehamilan di awal dapat membantu mengetahui kondisi janin.

Selain telat datang bulan ciri-ciri umum lainnya adalah mual dan muntah-muntah, tetapi hal tersebut bisa tidak disadari karena tidak semua wanita menunjukkan ciri-ciri kehamilan yang sama.

Bahkan, seringkali wanita yang sudah pernah mengandung mengalami ciri-ciri kehamilan yang berbeda dengan kehamilan yang sebelumnya.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Mayo Clinic, berikut cara mudah mengetahui ciri-ciri hamil muda mulai dari yang paling umum sampai yang jarang dialami.

1. Terlambat Datang BulanTerlambat datang bulan 5 sampai 7 hari dari tanggal yang seharusnya menjadi salah satu tanda kehamilan bagi yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Maka lebih baik segera melakukan tes kehamilan.

Namun, ada juga yang memiliki siklus menstruasi yang berubah-ubah karena pengaruh hormon yang tidak seimbang.

Maka dari itu, terlambat menstruasi hanya menjadi salah satu pertanda yang paling umum saja, tetapi tidak dijadikan patokan pasti.

2. Mual dan MuntahSelain telat menstruasi , mual dan muntah juga merupakan salah satu tanda kehamilan yang sering dialami, kondisi ini terjadi akibat dari penyesuaian hormon .

Meskipun mual dan muntah ini sering terjadi di pagi hari, namun bisa juga terjadi sepanjang hari. Ada juga yang hanya mengalami mual saja tanpa muntah.

Sebagian wanita hamil akan mengalami mual dan muntah ini biasanya sampai trimester kedua atau tak jarang juga sampai trimester ketiga karena masing-masing wanita hamil mengalami skala yang berbeda-beda.

Cara mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan seperti biskuit dan perbanyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan saat muntah.

3. Mudah Lemas dan KelelahanKondisi badan yang lemas dan mudah kelelahan bisa menjadi salah satu pertanda kehamilan meskipun belum bisa dipastikan.

Hormon progesteron menjadi penyebab wanita hamil cepat mengantuk selama masa awal kehamilan, juga kerja jantung yang bertambah akibat aliran darah yang meningkat juga menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah.

Selain itu, kelelahan terjadi akibat penyesuaian tubuh terhadap kondisi baru, tubuh wanita hamil melemahkan sistem imun sebelum implantasi agar embrio dapat menetap pada rahim.

Maka dari itu, wanita yang mengalami awal kehamilan dianjurkan untuk banyak istirahat dan memenuhi kebutuhan nutrisi.

4. Mengalami Bercak Darah atau Flek dari VaginaTanda awal kehamilan lainnya adalah muncul bercak darah yang disebut pendarahan implantasi.

Flek darah ini timbul ketika embrio menempel pada lapisan rahim dan membuatnya terkikis.

Pendarahan implantasi ini biasanya terjadi 1-3 hari dengan berupa 1–2 tetes darah berwarna merah kecokelatan atau merah muda dan kekuningan.

5. Keram PerutKeram perut bisa terjadi akibat proses implantasi embrio, biasanya keram perut ini muncul berbarengan dengan bercak darah.

Jika dibandingkan dengan nyeri haid, keram perut ini biasanya tidak terlalu sakit dan intensitasnya terbilang singkat. Jika nyerinya sampai berhari-hari dan sakitnya terara menyeluruh ini bisa jadi merupakan gejala menstruasi .***