upah.co.id – Halo! Semoga kita semua sehat dan tetap semangat.

Supaya tetap up-to-date, berikut rangkuman berita-berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir dalam Dunia Hari Ini, Selasa, 6 September 2022, produksi ABC Indonesia .

“Tujuannya adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada presiden dan pimpinan DPR agar membatalkan kenaikan harga BBM,” kata Said Iqbal, presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Lantas apa komentar Presiden menanggapi desakan dari serikat buruh?

“Ya ini kan negara demokrasi, sampaikan dengan cara-cara yang baik ya,” kata Jokowi kepada wartawan kemarin.

Gempa bumi berkekuatan 6,8 pada skala richter dengan kedalaman 10 kilometer telah mengguncang daerah pegunungan Luding di provinsi Sichuan.

Akibatnya, terjadi tanah longsor di beberapa wilayah yang menewaskan 46 orang, sementara 16 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Sichuan yang terletak di ujung lempeng Tibet memang sering diguncang gempa.

Namun gempa Senin kemarin juga dirasakan sampai ke ibu kota provinsi di Chengdu yang berjarak 200 kilometer, di mana 21 juta penduduknya sedang menjalani lockdown di bawah kebijakan “Nol Covid” China.

Salah satu tersangka penusukan di Saskatchewan, Kanada yang menewaskan 10 orang telah ditemukan dalam kondisi meninggal.

Polisi setempat mengatakan, jenazah Damien Sanderson ditemukan di luar di dekat sebuah rumah yang sedang digeledah.

Luka-luka di sekujur tubuhnya diduga bukan karena Damien melukainya dirinya sendiri.

Rhonda Blackmore dari Kepolisian Saskatchewan Kanda mengatakan polisi masih memburu Myles Sanderson, kakak Damien, yang “mungkin juga terluka dan sedang mencari pertolongan medis.”

Saat ditanya kemungkinan Myles juga menjadi tersangka pembunuh adiknya, Rhonda mengatakan polisi belum bisa mengonfirmasinya.

Liz Truss akan menggantikan Boris Johnson sebagai perdana menteri yang baru setelah mengalahkan Rishi Sunak dalam pemilihan pemimpin partai Konservatif Inggris.

Liz Truss yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri meraup 81.326 suara atau sekitar 57 persen dari total suara, mengalahkan Rishi dengan 60.399 suara.

Ia mengatakan “sangat tersanjung” terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif dan berterima kasih pada Rishi, menyebut arena pemilihan itu telah menunjukkan kedalaman talenta yang dimiliki partai.

Hari ini ia akan bertolak ke Skotlandia untuk diambil sumpahnya sebagai perdana menteri ke-56 Inggris oleh Ratu Elizabeth, dan menjadikannya perempuan ketiga yang menjabat PM Inggris setelah Margaret Thatcher dan Theresa May.

Lain lagi cerita dari mantan perdana menteri Malaysia.

Ketua parlemen Malaysia, Azhar Azizan Harun pada Senin (05/09) kemarin mengungkapkan bahwa Najib Razak, mantan PM Malaysia yang dihukum 12 tahun penjara, telah mengajukan permohonan agar diampuni oleh Raja.

Najib akan tetap berstatus sebagai anggota parlemen sampai ada keputusan terkait permohonannya.

Permohonan pengampunan itu, yang tidak akan mempengaruhi empat sidang lain yang menjeratnya, diajukan pada 2 September lalu, setelah ia kalah pada sidang banding terakhir dalam kasus korupsi 1MDB dana negara.

Minggu kemarin, Najib dilarikan ke rumah sakit, tapi belum jelas apa penyakitnya dan pihak otoritas juga belum memberikan keterangan.