upah.co.id – ebagaimana umum diketahui, pajak bumi dan bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan atau pemanfaatan tanah dan atau bangunan. Dalam PBB, hanya bangunan dan tanah dengan manfaat ekonomi yang dikenai pajak.

Dikutip dari laman resmi Pajak.go.id, tiap orang atau badan usaha yang memiliki tanah dan bangunan dengan manfaat ekonomi, memiliki kewajiban untuk membayar PBB setiap tahunnya secara tepat waktu.

Pembayaran PBB wajib dilakukan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tanggal diterimanya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT). Bila telat atau tak membayar PBB, orang atau badan usaha sebagai subjek pajak dapat dikenai denda.

Oleh karena itu, supaya tak kena denda, penting kiranya untuk membayar PBB secara tepat waktu. Selain secara offline di Kantor Pos, pembayaran PBB kini bisa dilakukan juga secara online dengan mudah.

Bila bayar PBB dapat dilakukan secara online, lalu apakah bisa bayar PBB di tokopedia ? Bayar PBB online dapat dilakukan melalui berbagai platform, termasuk lewat aplikasi marketplace Tokopedia.

Lantas, bagaimana cara bayar PBB online di Tokopedia? Bila Anda hendak bayar PBB online, berikut adalah penjelasan mengenai cara bayar PBB online lewat Tokopedia .

Cara bayar PBB online lewat Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel. Bila belum memilikinya, silakan unduh dulu Tokopedia lewat (Android) atau (iOS), lalu instal di ponsel.
  • Setelah berhasil login akun di Tokopedia, pada halaman awal aplikasi, klik opsi “Lihat Semua”.
  • Setelah itu, pilih menu “Pajak” dan klik “Pajak PBB”.
  • Masukkan data provinsi dan kota/kabupaten tempat objek pajak terdaftar.
  • Masukkan tahun pembayaran PBB dan nomor objek pajak (NOP) milik Anda, lalu lalu klik opsi “Cek Tagihan”.
  • Bila nominal tagihan telah muncul, Anda bisa melakukan pembayaran PBB dengan memilih metode yang tersedia di Tokopedia.
  • Pembayaran PBB via Tokopedia bisa dilakukan lewat transfer bank BCA, BRI, MANDIRI, BNI, dan CIMB Niaga. Atau, bisa juga lewat dompet digital seperti OVO dan GoPay.
  • Selesaikan pembayaran sesuai instruksi dari metode yang dipilih.

Cukup mudah bukan untuk bayar PBB online di Tokopedia? Demikianlah penjelasan seputar cara bayar PBB online lewat Tokopedia dengan mudah, semoga bermanfaat.