upah.co.id – China pada Jumat (24/2) memulai upaya nasional untuk melindungi jalur migrasi burung yang mulai diluncurkan di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan.

Upaya tersebut merupakan bagian dari kampanye promosi untuk Hari Margasatwa Sedunia atau World Wildlife Day, yang jatuh pada 3 Maret.

Badan Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China merilis sebuah rencana aksi untuk periode 2021-2035 dalam kampanye tersebut.

Badan itu menunjuk 1.140 lokasi, termasuk Danau Poyang di Provinsi Jiangxi, sebagai destinasi utama bagi burung-burung yang bermigrasi untukberistirahat, berkembang biak, dan menghabiskan musim dingin.

Rencana itu juga menetapkan tugas-tugas utama yang akan dilakukan dalam upaya nasional tersebut, seperti membangun mekanisme kompensasi atas kerusakan yang disebabkan oleh burung migran serta meningkatkan perlindungan dan pemulihan jalur migrasi.

Wakil Direktur Badan Kehutanan dan Padang Rumput Nasional ChinaLi Chunliang mengatakan bahwa selama 10 tahun terakhir,China telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan spesies-spesies yang terancam punah dan telah mendirikan beberapa taman nasional serta sistem kebun raya guna melindungi satwa dan tumbuhan liar.