Upah.co.id – Cara melamar kerja lewat WhatsApp (WA) sangat mudah dan simpel. Namun, terdapat tips dan contoh yang mesti diketahui agar lamaran tersebut tetap mengedepankan sopan santun. Yuk, baca ulasan lengkapnya di sini!
Kendati terbilang cukup aneh dan tidak biasa, melamar pekerjaan lewat WA bisa dilakukan terutama pada momen-momen tertentu.

Biasanya, perusahaan dengan kebutuhan karyawan baru yang mendesak menginginkan kecepatan dalam proses rekrutmen.

Seiring berkembangnya zaman serta kecanggihan teknologi, melamar kerja lewat WA bisa saja diperkenankan.

Jika ditelisik, cara melamar kerja lewat WA tak jauh berbeda dengan melamar pekerjaan via email.

Kamu tetap bisa mengirimkan beberapa berkas yang diminta dengan ragam format, seperti doc, pdf, jpg, dan lain sebagainya.

Lantas, seperti apa cara melamar kerja lewat WA yang perlu diketahui?

Cara Melamar Kerja Lewat WA

1. Cari Lowongan Kerja yang Sesuai Kualifikasi

Banyaknya lowongan kerja yang tersedia di media online atau portal khusus membuat kamu mesti teliti menemukan lowongan yang sesuai dengan kualifikasi.

Pasalnya, acapkali pelamar tidak memperhatikan kualifikasi persyaratan minimal secara seksama.

Alih-alih dipanggil untuk interview, justru beberapa di antaranya bisa jadi mendapat respons yang kurang baik dari pihak HRD.

2. Cari Informasi tentang Perusahaan Bersangkutan

Nah, apabila kamu telah menemukan lowongan yang sesuai kualifikasi, maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang dituju.

Adapun informasi tersebut bisa berupa alamat perusahaan, bidang pekerjaan dari perusahaan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan informasi itu dengan berbagai cara, mulai dari mengunjungi laman resmi, follow akun media sosial, dan lain-lain.

3. Siapkan Berkas yang Diperlukan

Cara melamar kerja lewat WA yang sangat penting dan mesti kamu perhatikan adalah terkait persiapan berkas-berkas yang diperlukan.

Sebagai gerbang masuk dunia kerja, perusahaan tentu saja memerlukan berkas dari pelamar untuk mengetahui riwayat dan pengalaman.

Beberapa berkas yang mesti kamu siapkan di antaranya sebagai berikut:

  • Surat lamaran kerja atau teks lamaran kerja lewat WA
  • Scan transkrip nilai
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Scan SKCK
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Berkas pendukung (SIM, sertifikat, pengalaman kerja, dll)
  • Scan pas foto

Selain itu, ketika hendak mengirimkan berkas yang diminta, kamu juga mesti memperhatikan format yang sesuai, termasuk kapasitas atau ukuran file yang disarankan.

4. Kirim Lamaran Kerja Lewat WA pada Waktu yang Tepat

Cara melamar kerja lewat WA selanjutnya setelah berkas dan syarat disiapkan adalah perihal waktu pengiriman.

Usahakan untuk mengirim lamaran kerja lewat WA di waktu atau jam kerja.

Hal ini kerap tidak disadari karena medium WA yang cenderung lebih santai dibandingkan email atau berkas lamaran biasa.

Etika Melamar Kerja Lewat WA

melamar pekerjaan lewat wa

sumber: vestoli.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mengedepankan etika ketika melamar kerja lewat WA mesti diperhatikan.

Apa saja etika yang mesti kamu patuhi agar tetap terasa sopan?

  • Pasang foto profil WA dengan foto profesional yang memperlihatkan wajah secara jelas.
  • Jangan menyembunyikan status WA, latest seen, atau menghilangkan centang biru.
  • Kirim lamaran pada waktu jam kerja, antara 08.00 sampai 16.00.
  • Tidak menggunakan singkatan yang tak perlu atau bahasa gaul.
  • Gunakan bahasa Indonesia formal dan sopan.
  • Ucapkan salam pembuka dan perkenalkan diri.
  • Sampaikan maksud lamaran dengan kalimat yang singkat dan jelas.
  • Ucapkan salam penutup dan terima kasih.

Contoh Teks Lamaran Kerja Lewat WA.

Selamat pagi,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari portal lowongan kerja di media online tertanggal 1 Juni 2021, PT Adi Media Info Pertama Kedua membuka lowongan pekerjaan untuk divisi Marketing.

Perkenalkan, saya:

Nama: Dedi Hendrawan Subakti, S.E
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 17 Agustus 1998
Alamat: Jl. Medali Emas No. 87, Cidadap, Bandung.
Pendidikan: S1 Ekonomi Universitas Negeri Bandung Kaler

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai marketing selama dua tahun di perusahaan swasta.

Dengan pengalaman kerja tersebut, saya bisa menjamin mampu bekerja di bawah tekanan serta bekerja secara tim maupun individu.

Sebagai pertimbangan, berikut dokumen yang saya lampirkan.

  • Scan Fotokopi KTP
  • Scan ijazah terakhir
  • CV
  • Scan transkrip nilai
  • Scan surat pengalaman kerja
  • Pas foto berwarna

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejujurnya dalam kondisi sadar dan sehat.