Upah.co.id – Sedang mencari referensi mengenai pembuatan kata pengantar dalam karya tulis makalah? Yuk, cari saja informasi lengkap beserta contoh kata pengantar makalah pada artikel ini!

Kata pengantar merupakan tulisan yang memuat pengantar mengenai karya tulis ilmiah yang dibuat untuk keperluan akademik.

Penulisan kata pengantar amatlah penting untuk dihadirkan karena bagian tersebut merupakan pembuka saat orang lain melihat karya tulis.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa membuat kata pengantar merupakan hal yang mudah.

Namun pada kenyataannya, menulis kata pengantar tidak sesederhana itu dalam pembuatannya, lo.

Untuk memudahkan dalam proses penulisannya, kali ini 99.co Indonesia telah menghimpun struktur penulisan beserta contoh kata pengantar dalam makalah untukmu.

Simak penjelasannya pada uraian di bawah ini!

Apa itu Kata Pengantar?

Kata pengantar adalah bagian dalam karya tulis ilmiah yang memuat ungkapan-ungkapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari penulisnya.

Umumnya, kata pengantar terletak di awal karya tulis (sebelum daftar isi) dan memuat beberapa bagian penting, seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Adapun isi dari kata pengantar sendiri berupa hal-hal yang telah dilalui oleh penulis atau pengarang dalam menyelesaikan tulisannya serta siapa saja pihak-pihak yang telah membantu penyusunan karya tersebut.

Fungsi Kata Pengantar

Sejatinya, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja.

Namun, terdapat pula gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Dengan begitu, kata pengantar bisa menarik hati para pembaca dan membuat mereka semakin tertarik untuk melihat-lihat isi karya tulismu.

Semakin menarik uraian yang ditulis oleh pengarang, semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan rasa penasaran dari pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa itu kata pengantar, waktunya kamu untuk paham lebih jauh tentang strukturnya melalui contoh kata pengantar untuk makalah berikut.

Langsung saja, simak contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar pada berbagai macam karya tulis di bawah ini!

1. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok

contoh kata pengantar makalah kelompok

sumber: slideshare.net

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

contoh kata pengantar makalah agama

sumber: slideshare.net

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

contoh kata pengantar makalah singkat

sumber: studylibid.com

5. Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, 20 Februari 2021
Penyusun

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Mahasiswa

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul ‘’…….’’. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Rangga, M.E., selaku kepala sekolah SMA 1 yang telah memberikan bimbingan, saran, ide dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk menunjang pembuatan makalah.
  2. Ibu Kina, M.E., selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Sarah, M.E., selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Tangerang, 29 Maret 2021
Penulis