upah.co.id – Merangkum laman lapan.go.id, hari tanpa bayangan di Indonesia pada tahun 2022 pertama kali terjadi pada pertengahan Februari hingga awal April 2022 di beberapa wilayah mulai Aceh hingga Papua.

Masih dari Lapan, hari tanpa bayangan matahari terjadi saat matahari berada pada posisi 90 derajat saat melintasi beberapa wilayah di bumi. Pada posisi tersebut, tidak ada bayangan yang terbentuk dari benda tegak tak berongga saat tengah hari.

Hari tanpa bayangan yang dalam istilah astronomi disebut kulminasi terjadi karena perspektif cahaya akibat Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan berada pada bujur yang sama.

Karena nilai deklinasi matahari sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia yaitu 6 derajat LU hingga 11 derajat LS maka matahari akan berada tepat di atas kepala saat tengah hari.

Pada saat itu fenomena bayangan tidak terbentuk oleh benda tegak tidak berongga pada tengah hari. Hal ini kemudian disebut sebagai hari tanpa bayangan.

Wilayah Hari Tanpa Bayangan

Berikut daftar wilayah yang mengelami fenomena hari tanpa bayangan yang dirangum dari berbagai sumber.

Demikian penjelasan tentang wilayah hari tanpa bayangan. Semoga informas ini bermanfaat dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, mengigat fenomenanya tak bisa ditemui setiap saat.