upah.co.id – Seperti yang diketahui, hujan menjadi salah satu bentuk berkah dan rahmat Allah SWT dan kehadirannya patut disyukuri. Kehadiran hujan ink sangatlah penting sebab dapat memberi manfaat yang baik bagi kehidupan makhluk di bumi.

Beberapa manfaat hujan antara lain yaitu dapat membantu para petani untuk mengairi tanaman di sawah atau kebunnya, sebagai sumber mata air, membantu menyejukkan suasana, sebagai sumber maya air untuk hewan, sumber energi dan masih banyak lagi manfaatnya.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk memanjatkan doa saat hujan. Hal ini karena pada saat hujan turun pintu-pintu langit akam terbuka lebar dan Allah pasti mengabulkan doa umat-Nya. Pendapat tersebut tertuang dalam sebuah hadits yang artinya:

Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut.” (HR. Abu Hurairah).

Doa Saat Hujan

Berikut ini beberapa doa saat hujan yang dapat dipanjatkan oleh umat muslim. Di antaranya yaitu:

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Anda juga dapat membaca doa lain yaitu:

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi’a.

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat”.

Ketika hujan lebat disertai dengan angin sehingga dapat menyebabkan pohon-pohon tumbang. Supaya terlindungi dari mara bahaya, kita dianjurkan untuk membaca doa ini.

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan

Rasulullah SAW ketika angin kencang juga membaca doa berikut ini:

Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

3. Doa Turun Hujan Lebat Disertai dengan Petir

Terdapat bacaan doa yang dapat dipanjatkan ketika hujan lebat disertai dengan petir. Berikut ini bacaan doa yang diriwayatkan oleh hadis Imam Malik:

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Selain doa saat turun hujan, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah turun hujan. Berikut ini bacaan doa setelah turun hujan:

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya: “Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmat-Nya.” (HR. Bukhari: 1/205, Muslim: 1/83)

Itulah tadi kumpulan doa saat hujan. Kita dapat mengamalkannya ketika hujan turun supaya mendatangkan keberkahan dan dilindungi dari segala mara bahaya oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat!