upah.co.idJakarta, CNBC Indonesia – Kontrak berjangka (futures) indeks bursa Amerika Serikat (AS) kompak di zona hijau pada perdagangan Selasa (6/9/2022), di mana investor memulai pekan yang singkat ini dengan optimisme.

Kontrak futures indeks Dow Jones menguat 152 poin atau 0,5%. Hal serupa terjadi pada indeks S&P 500 dan Nasdaq naik masing-masing sebesar 0,6% dan 0,7%.

CVS Health mengatakan pada Senin (5/9/2022) bahwa mereka membeli Signify Health dengan harga senilai US$ 8 miliar, sementara Volkswagen mengumumkan rencananya untuk menghantarkan Porsche untuk Initial Public Offering (IPO).

Pada Jumat (2/9), ketiga indeks utama menutup pekan lalu di zona negatif. Nasdaq membukukan penurunan selama enam hari beruntun untuk pertama kalinya sejak 2019.

Sementara indeks Dow Jones dan indeks S&P 500 terkoreksi yang masing-masing sebesar 1,1%. Indeks S&P 500 berada di posisi terendahnya sejak Juli 2022.

Pekan ini cukup singkat karena pada Senin (5/9), bursa AS ditutup untuk memperingati Hari Buruh Nasional. Investor masih menantikan pidato dari Ketua bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) dan keputusan kenaikan suku bunga dari bank sentral Eropa (ECB) pada Kamis (8/9).

Sementara itu, rilis data Purchasing Managers’ Index (PMI) dan ISM non-Manufacturing akan dirilis hari ini.

“Ini adalah pekan di mana semua orang kembali ke sekolah, berdagang, banyak orang kembali ke kantor. Masih banyak orang yang pesimis karena inflasi yang tidak kunjung membaik dan itu harus menjamin kenaikan suku bunga yang lebih agresif oleh The Fed,” tutur analis OANDA Ed Moya dikutip CNBC International.

TIM RISET CNBC INDONESIA