upah.co.id – Taiwan menyebut sebuah drone pengintai militer China terdeteksi mengudara hingga ke dalam zona pertahanan udaranya. Hal itu menjadi aktivitas penyusupan terbaru oleh China saat ketegangan dengan Taiwan meningkat.

Seperti dilansir AFP, Selasa (6/9/2022), pesawat tak berawak atau drone militer China , yang diidentifikasi Kementerian Pertahanan Taiwan sebagai jenis BZK-007, terdeteksi mengudara di sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, bersama delapan pesawat tempur China lainnya.

ADIZ Taiwan jauh lebih besar daripada wilayah udara Taiwan dan tumpang tindih dengan ADIZ China, bahkan mencakup beberapa wilayah daratan utama.

China secara dramatis meningkatkan aktivitas penyusupan ke sisi barat daya ADIZ Taiwan dalam dua tahun terakhir, namun pengerahan drone militer jarang terjadi.

Terakhir kali, militer Taiwan melaporkan penyusupan oleh drone militer China pada Oktober 2020, atau sebulan setelah Taiwan mulai membuat data soal aktivitas penyusupan militer China.

Penyusupan terbaru oleh China itu terjadi setelah pekan lalu, tentara-tentara Taiwan di pulau kecil yang terletak tak jauh dari lepas pantai China menembak jatuh sebuah drone komersial tak teridentifikasi yang mengudara di atas pulau itu.

Itu menjadi momen pertama bagi militer Taiwan untuk menembak jatuh sebuah drone, setelah rentetan aksi penyusupan oleh drone-drone kecil yang tersedia secara komersial dalam beberapa pekan terakhir.

Drone militer China jenis BZK-007 yang baru saja dilaporkan menyusup ke ADIZ Taiwan, diketahui berukuran lebih besar dan dirakit oleh Korporasi Industri Pesawat Guizhou yang mampu melakukan penerbangan jarak jauh dan dilengkapi perangkat pengintaian yang lebih canggih.

Taiwan yang berpenduduk 23 juta jiwa terus-menerus hidup di bawah ancaman invasi China, yang mengklaim pulau itu sebagai wilayah kedaulatannya yang akan direbut suatu hari nanti — secara paksa jika diperlukan.

Sepanjang Agustus lalu, Taiwan melaporkan rekor 446 penyusupan udara oleh pesawat-pesawat tempur China.

Data AFP yang didasarkan pada laporan militer Taiwan menyebut China mengerahkan total 380 misi udara ke dekat Taiwan sepanjang tahun 2020 lalu. Angka itu melonjak tahun 2021 lalu, dengan mencapai 969 misi udara China ke dekat Taiwan.

Untuk tahun 2022, pesawat-pesawat tempur China sejauh ini tercatat telah mengerahkan 1.100 misi udara ke dalam ADIZ Taiwan.