upah.co.id – erintah Kota Surakarta bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta akan menggelar Blangkon Fest atau Festival Blangkon selama 9-11 September 2022 atau akhir pekan ini.

Acara diselenggarakan di Loji Gandrung Surakarta dan berlangsung pukul 09.30-16.30 WIB.

“Festival ini diharapkan jadi satu tonggak kebangkitan ekonomi dan pariwisata, sekaligus kebangkitan budaya,” ujar Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Surakarta, Gembong Hadi, Selasa (06/09/2022), seperti dikutip dari .

Dikutip dari Pemerintah Kota Surakarta, blangkon adalah penutup atau ikat kepala yang digunakan laki-laki sebagai pelengkap busana Jawa.

Meski sekadar penutup kepala, namun makna filosofis blangkon begitu mendalam dan berkaitan terhadap pengharapan pemakaianya terhadap nilai-nilai hidup.

Festival ini merupakan inisiatif dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait blangkon khas Surakarta, sekaligus menghidupkan kembali pariwisata Surakarta.

Untuk diketahui desain dan bentuk blangkon Surakarta berbeda dari daerah lainnya.

“Misalnya kalau Jogja (Yogyakarta) kan mondol besar, Solo mondol tipis, blangkon Mangkunegaran beda lagi modelnya,” tuturnya.

Nantinya, akan ada 80 macam blangkon yang ditampilkan, seperti blangkon gaya Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Acara ini nantinya juga akan diramaikan dengan kegiatan lain, seperti pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya, dan pertunjukan malam.

“UMKM di Solo sangat banyak, harapannya ada peningkatan ekonomi makanya kami kerja sama,” ujar Gembong Hadi.