upah.co.id – Festival Danau Poso 2022 akan berlangsung pada 5 Oktober mendatang, untuk memperkenalkan potensi wisata dan kebudayaan lokal Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Terselenggaranya Festival Danau Poso, diharapkan menjadi salah satu jalan untuk menghapus stigma negatif yang selama ini melekat di wilayah tersebut. Adapun Poso dikenal sebagai daerah rawan konflik terorisme.

“Dulu Poso identik bukan dengan pariwisata. Ada stigma negatif yang susah dilepaskan. Tapi kalau kita tidak mendobrak dengan segala upaya, pasti susah,” kata Bupati Poso Verna Gladies Merry Inkawang dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf online, Senin (5/9/2022).

Danau Poso berada di sebelah selatan Kota Poso. Jaraknya sekitar 103 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 3 jam.

Event nasional untuk stigma Poso yang lebih baik

Menyadari hal ini, Verna mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya melakukan pemulihan pada sektor pariwisata Poso, sekaligus menepis isu-isu negatif yang selama ini berkembang.

“Kita menepis isu-isu miring tentang kabupaten Poso, stigma negatif yang sudah tertanam, bahwa Poso sudah aman, Poso nyaman, Poso terus berbenah ke depannya, teristimewa mempersiapkan sektor pariwisata kami,” tegas dia.

Salah satu upaya tersebut dibuktikan melalui terselenggaranya beragam event skala nasional di Poso.

mulai dari konser musisi legendaris Iwan Fals pada Agustus 2022, hingga event lari bertajuk “Sogili Tolerunsi Poso 2022” yang juga diikuti oleh atlet lari nasional.

Sedangkan untuk pelaksanaan Festival Danau Poso 2022 nanti, Verna mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak 7000 wisatawan dan diharapkan bisa menembus Kalender Event Nusantara.

“Harapan kami ke depan Festival Danau Poso ini bisa masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN),” pungkas Verna.

Setelah berkendara dengan mobil listrik Genesis G80 di Batang, Jawa Tengah (8/6/2022), yang ditunjuk sebagai kendaraan VIP bagi delegasi KTT G20 November nanti. Presiden Joko Widodo kembali menjajal kendaraan listrik lainnya. Kali ini Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko widodo, menyempatkan diri berboncengan mengendarai sepeda motor listrik Gesits menuju Kampung Mola dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (9/6/2022).