Gaji Karyawan PT Pos Indonesia – Gaji Karyawan PT Pos Indonesia acapkali menjadi topik pembicaraan di masyarakat umum. Pasalnya dengan nama PT Pos Indonesia dikenal dengan perseroan besar dan ternama, gaji karyawan PT Pos Indonesia juga identik dengan gaji pokok yang banyak.

Disamping gaji karyawan PT Pos Indonesia yang cukup besar, perseroan negara pun dikenal memberi tunjangan dan beberapa fasilitas perusahaan yang tak kalah fantastis. Oleh karenanya, peluang kerja di PT Pos Indonesia jadi incaran, tak cuma bagi yang baru saja lulus alias fresh graduate, juga banyak pelamar kerja yang sudah mempunyai pengalaman membidik posisi terbaik di perusahaan BUMN tersebut.

Dilihat dari berbagai sumber, lulusan S1 yang diterima di PT Pos Indonesia bisa memperoleh gaji pokok kisaran Rp. 7.000.000 tiap per bulan. Gaji pokok tersebut belum juga termasuk tunjangan dan fasilitas lainnya yang diberi oleh perusahaan tersebut.

Diketahui, kisaran gaji pokok tersebut pun terus bertambah sejalan dengan jangka waktu kerja dan hasil kerja pegawai tersebut. Banyak juga karyawan PT Pos Indonesia yang mendapat bonus atau insentif karena hasil kerja yang semakin bagus.

Gaji Karyawan PT Pos Indonesia

Menjadi bagian dari perseroan BUMN gaji Karyawan PT Pos Indonesia pastinya tidak main-main dalam memberi gaji ke pegawainya. Dan pastinya perusahaan ini akan berusaha memberikan kesejahteraan karyawannya dan selalu berusaha untuk membuat pegawainnya nyaman bekerja di perusahaan itu. Berikut daftar gaji karyawan PT Pos Indonesia sesuai jabatanya.

Gaji Karyawan PT Pos Indonesia Berdasarkan Jabatan

NOJABATANGAJI/BULAN
1.Engineering (Intern / Magang)Rp. 1.000.000 – Rp. 5.000.000
2.Profesional (Intern / Magang)Rp. 2.007.000 – Rp. 2.650.000
3.Sales (Intern / Magang)Rp. 2.070.000 – Rp. 3.450.000
4.HR / Admin (Manager)Rp. 13.500.000 – Rp. 17.250.000
5.Manufaktur (Manager)Rp. 15.300.000 – Rp. 19.550.000
6.Engineering (Senior Auditor)Rp. 6.300.000 – Rp. 8.050.000
7.IT / Internet (Specialist)Rp. 4.500.000 – Rp. 5.750.000
8.Engineering (Specialist)Rp. 3.400.000 – Rp. 8.000.000
9.HR / Admin (Staff/Executive/Officer)Rp. 4.500.000 – Rp. 5.7500.000
10.Profesional (Staff/Executive/Officer)Rp. 3.600.000 – Rp. 4.600.000
11.Engineering (Staff/Executive/Officer)Rp. 1.500.000 – Rp. 6.000.000
12.Logistik & Transportasi (Staff/Executive/Officer)Rp. 2.700.000 – Rp. 4.650.000
13.Manufaktur (Staff/Executive/Officer)Rp. 2.250.000 – Rp. 6.900.000
14.Business Development / Consultant (Staff/Executive/Officer)Rp. 4.500.000 – Rp. 8.630.000
15.Manufaktur (Supervisor / Team Leader)Rp. 11.520.000 – Rp. 14.720.000
16.Engineering (Supervisor / Team Leader)Rp. 4.500.000 – Rp. 13.800.000
  • Baca juga : Gaji karyawan PT Pos Indonesia

Gaji karyawan PT Pos Indonesia yang diperoleh lumayan banyak dan itupun masih belum termasuk tunjangan lain-lainnya. PT Pos Indonesia tentunya pun memberi asuransi jiwa untuk pegawainya supaya hidup masa tuanya terjamin dengan layak. Setelah anda tau perihal tersebut apa anda berminat untuk bekerja di perusahaan BUMN ini ?

Karena gaji karyawan PT Pos Indonesia yang diberikan cukup tinggi, pasti pencari kerja yang tertarik bekerja di perusahaan ini pun lumayan tinggi. Terlebih perusahaan ini tergolong perusahaan milik BUMN. Oleh sebab itu tuk lolos ke perusahaan ini tentu harus berlomba secara susah.

Perbedaan BUMN dan BUMD

Perbedaan pertama diantara BUMN dan BUMD terletak pada pengertiannya. Berdasarkan journal DPR RI, BUMN ialah badan usaha yang semua atau sebagian besar modalnya dikuasai oleh pemerintah pusat lewat pelibatan secara langsung yang bersumber dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Sementara itu, berdasarkan bermacam sumber, BUMD ialah badan usaha yang didirikan oleh pemerintahan daerah yang modal yang ada sebagian besar/seluruhnya ialah milik pemerintahan daerah. Dengan demikian, perbedaannya BUMN didirikan oleh pemerintahan pusat, sedang BUMD didirikan oleh pemerintah daerah.

Sejarah BUMN

Kementerian BUMN adalah pembaharuan dari unit kerja eselon II Departemen Keuangan (1973-1993) yang kemudian menjadi unit kerja eselon I (1993-1998 dan 2000-2001). Tahun 1998-2000 dan tahun 2001 sampai hari ini, unit kerja ini menjadi Kementerian BUMN.

Kementerian BUMN memiliki tupoksi atau tugas pokok dan fungsi melaksanakan pembinaan kepada perusahaan negara/BUMN di Indonesia. Kementerian BUMN sudah ada sejak tahun 1973, yang awalnya adalah bagian dari unit kerja di lingkungan Departemen Keuangan.

Selanjutnya, organisasi ini mengalami beberapa kali perubahan dan perkembangan. Didalam jangka waktu 1973 hingga 1993, unit yang menangani pembinaan BUMN ada pada unit setara eselon II. Awalnya, unit organisasi itu disebut Direktorat Persero dan PKPN (Pengelolaan Keuangan Perusahaan Negara).

setelahnya terjadi tranformaasi istilah menjadi Direktorat Persero dan BUN (Badan Usaha Negara). Terakhir kalinya pada sub organisasi setingkat eselon II, organisasi ini bertranformasi jadi Direktorat Pembinaan BUMN hingga tahun 1993.

setelahnya, bertepatan dengan tingginya kebutuhan tuk mengoptimalkan pengawasan dan pembinaan terhadap BUMN, di kurun waktu 1993 hingga 1998, badan yang pada awalnya hanya setara Direktorat/eselon II, ditingkatkan menjadi setaraf Direktorat Jenderal/eselon I, diberi nama Direktorat Jenderal Pembinaan Badan Usaha Negara (DJ-PBUN).

Mengingat peran, fungsi dan juga kontribusi BUMN mengenai keuangan negara sangat penting, di tahun 1998 sampai dengan 2000, pemerintahan Indonesia merombak bentuk organisasi pembina dan pengelola BUMN menjadi setara kementerian. Pertama kali perubahan bentuk organisasi menjadi kementerian berlangsung di masa pemerintahan Kabinet Pembangunan 4, diberi nama Kantor Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan BUMN/Kepala Badan Pembinaan BUMN.

Pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2001, susunan organisasi kementerian ini dihilangkan dan dikembalikan lagi jadi setingkat eselon I di lingkup Departemen Keuangan. Akan tetapi, pada tahun 2001, pada saat terjadi suksesi kepemimpinan, organisasi ini dirombak lagi tupoksinya jadi setara kementerian bernama Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara. Di tahun 2009, mengikuti perubahan nomenklatur seluruh kementerian, kementerian tersebut pun berganti nomenklatur jadi Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Tugas dan Fungsi

Kementerian Badan Usaha Milik Negara mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pembinaan badan usaha milik negara di dalam pemerintahan agar membantu Presiden di dalaam menyelenggarakan pemerintahan Negara. Dalam menjalankan tugas, Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyelenggarakan fungsi:

• Perumus dan menetapkan kebijakan di bidang pengawasan badan usaha milik negara.
• Koordinator dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan dalam bidang pembinaan badan usaha milik negara.
• Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang jadi pekerjaan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
• Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkup Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Organisasi

• Sekretariat Kementerian
• Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan
• Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko
• Staf Ahli Bidang Keuangan Pengembangan UMKM
• Staf Khusus Bidang Makro Ekonomi
• Staf Khusus Bidang Manajemen dan Inovasi
• Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik
• Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga

  • Lihat Juga : Gaji karyawan PT Pos Indonesia

Tunjangan serta benefit asuransi di PT Pos Indonesia

Tak hanya dari segi gaji, tunjangan yang diberikan pada pegawai PT Pos Indonesia juga tak kalah menggiurkan. Upah.Co.id mengacungkan jempol dah pada benefit, khususnya asuransi, yang super komplit. Lantaran, jarang perusahaan yang memberi tunjangan asuransi, hingga ke asuransi kredit seperti yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia

Pemberian Bonus serta THR

Perlu dipahami bahwa salah satu keuntungan bekerja di PT Pos Indonesia adalah mendapatkan bonus tahunan di akhir tahun serta Tunjangan Hari Raya (THR) yang pada umumnya diberikan kepada karyawan sebelum lebaran. Untuk nominalnya adalah 1 kali gaji pokok.

Fasilitas Rumah dan Mobil Dinas

Berpedoman pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara, direksi, dewan komisaris, dan dewan pengawas BUMN wajib mendapat fasilitas berwujud mobil serta rumah dinas apabila telah mempunyai tingkat posisi yang sudah ditentukan oleh negara. Meski demikian, mobil dinas yang diberi oleh pihak perusahaan tidak boleh digunakan untuk urusan pribadi. Artinya, hanya boleh dipergunakan untuk keperluan dinas atau saat sedang menjalankan tugas.

Bisa Bersekolah Gratis

Keuntunganya lagi bekerja di PT Pos Indonesia itu bisa bersekolah gratis. Boleh dibilang kerja di PT Pos Indonesia itu keuntunganya berlipaat ganda. Gaji oke, sekolah dibiayai. Sebagai perusahaan nasional, PT Pos Indonesia ingin sangat sumber daya manusia yang perusahaan miliki berkualitas. Bahkan, jika perlu akan ditunjang pendidikannya hingga ke luar negeri, dan fasilitas pendidikan ini diberikan ke semua tingkat karyawan. Dari yang level rendah hingga tingkat tertinggi. Akan tetapi, fasilitas tersebut hanya diberikan pegawai yang mumpuni dalam segi kualitas.

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, PT Pos Indonesia juga harus mengikutsertakan pekerjanya ke BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan. Yang cukup unik ialah perhitungan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawan PT Pos Indonesia. Dari nominal gaji yang tertera di atas, dapat dibayangkan perkiraan saldo JHT mereka bisa puluhan juta sampai miliaran rupiah.

sebetulnya anda juga bisa kok, dapat saldo JHT BPJS sampai miliaran rupiah. Akan teatapi, pastikan perusahaan tempat anda bekerja membayarkan biaya BPJS Ketenagakerjaan. Anda pun tidak sering menarik saldo itu hingga jumlahnya benar-benar banyak. Oh ya, melihat bonus dan gaji karyawan PT Pos Indonesia, jadi tertarik untuk melamar ke sana?

Alur Seleksi Karyawan Baru PT Pos Indonesia

Setelah kamu tahu besaran gaji karyawan PT Pos Indonesia berikut tunjangan dan benefit lainnya, makin berminat ingin daftar di perusahaan ini?

Untuk berlomba dengan ribuan pelamar sungguh tak akan gampang. Akan tetapi], anda bisa memulai mencari tahu info lowongan kerja BUMN. Di PT Pos Indonesia, ada 2 tahap yang mesti dilalui, dibagi 2 yaitu untuk yang berpengalaman dan fresh graduate atau pelamar yang baru lulus sekolah.

Untuk yang berpengalaman dan ingin mendapat gaji karyawan PT Pos Indonesia yang besar, kalian yang pertama harus melakukan registrasi online di situs recruitment PT Pos Indonesia terlebih dulu. Setelah itu, menunggu hasil seleksi administrasi. Setelah hasilnya lulus, kamu akan dapat undangan interview user dan HR. Jika lulus tahapan interview, kamu akan menjalani psikotes dan tes bahasa Inggris online.Lanjut ke tahap interview psikolog andaikata tahap tadi lulus. Kemudian, kamu juga harus megikuti medical check up untuk yang dinyatakan lolos. Terakhir, akan di interview oleh pihak manajemen perusahaan.

Dan satu lagi, tak hanya gaji karyawan PT Pos Indonesia yang tinggi, kamu harus benar-benar kenali dirimu serta apa potensi yang dapat anda tawarkan. Ini berguna pada saat tahapan interview nanti. Agar dapat bekerja di PT Pos Indonesia, tentunya kalian wajib jadi calon yang unggul dan berpotensi, ini dapat membantu mereka menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

Sekian pembahasan tentang gaji karyawan PT Pos Indonesia. Jika kalian menginginkan bekerja di PT Pos Indonesia serta memperoleh gaji setara dengan gaji karyawan PT Pos Indonesia yang lain sebaiknya kamukalian menyiapkan diri mulai dari saat ini. Karena Upah.Co.id percaya bahwa lebih baik mencoba lalu gagal daripada tidak mencoba sama sekali.

Gaji Karyawan PT Pos Indonesia Terbaru Tahun Ini | Gaji Karyawan PT Pos Indonesia Menurut Jabatannya