upah.co.id – Haornas adalah wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga. Penetapan Haornas juga tidak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948 silam.

Perlu diketahui, bahwa sebelum ditetapkan hari peringatannya setiap tanggal 9 September, sebetulnya telah muncul usulan untuk memperingati Haornas setiap tanggal 8 September.

Kemudian pada tanggal 16-17 Mei 1983, diadakan Sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta. Dalam sambutan tertulis pembukaan sidang, Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang pada saat itu menjabat Ketua Umum KONI Pusat mengusulkan tanggal 10 September sebagai Hari Olahraga Nasional. Usulan tentang Haornas itu berdasarkan pada harapan untuk menempa semangat berolahraga di masyarakat serta peningkatan prestasi.

Namun, sidang tersebut memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XI dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 8 September sekaligus ditetapkan sebagai Hari Olahraga. Pemilihan tanggal 8 September sesuai dengan informasi yang digunakan saat itu, bahwa PON pertama di Surakarta dimulai pada 8 September 1948.

Selang 35 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 9 September 1983, Presiden Soeharto mencanangkan Hari Olahraga Nasional saat meresmikan purnapugar Stadion Sriwedari. Pemilihan tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional adalah berdasarkan pada tanggal pembukaan PON I di Surakarta, 1948.

Pada 7 September 1985, melalui Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985, lantas ditetapkan bahwa tanggal 9 September adalah Hari Olahraga Nasional atau Haornas.

Diketahui, tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 adalah ‘Bersama Cetak Juara’. Kata bersama bermakna untuk mencetak juara sesuai dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

Dalam perpres tentang DBON dijelaskan bahwa terdapat 17 kementerian/lembaga, 34 provinsi, dan 517 Kabupaten/Kota yang harus bersinergi, bergerak bersama mencetak atlet tangguh yang mampu berprestasi di level dunia, sebagaimana yang disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

Stadion Batakan di Balikpapan dipilih sebagai lokasi puncak Haornas tahun 2022 ini. Menpora Amali juga memastikan mengenai dipilihnya Stadion Batakan sebagai venue puncak Haornas 2022 adalah sebagai penegas kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa komitmen pemerintah dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Puncak Haornas 2022 akan ditempatkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Rencananya, akan ada sajian yang meriah untuk merayakan Haornas secara outdoor, setelah dua tahun terakhir dilaksanakan dengan indoor karena ada pandemi Covid-19.

https://www.kemenpora.go.id/pengumuman/33/materi-publikasi-haornas-2022

Demikian penjelasan singkat tentang Haornas 2022 yang akan dirayakan pada Jumat, 9 September 2022.