upah.co.idBahkan SPBU Vivo menjadi trending di Twitter menempati posisi keempat dengan jumlah cuitannya hingga 4.000 lebih, 6 September 2022 malam.

Pasalnya, banyak warganet yang menanggapi perbandingan harga antara Produk SPBU Vivo yaitu Revvo 89 dengan Pertalite milik SPBU Pertamina.

Harga Revvo 89 yang merupakan produk SPBU Vivo tersebut terbilang murah dibandingkan dengan produk yang hampir setara kualitasnya, yakni pertalite milik Pertamina yang sudah menginjak harga Rp10.000.

Sementara bahan bakar Revvo 89 milik SPBU Vivo yang merupakan anak perusahaan Vitol Group tersebut hanya Rp8.900.

Namun, banyak warganet yang juga berpendapat bahwa kedua produk tersebut tidak bisa dibandingkan, karena keduanya memiliki kualitas yang berbeda.

“Gak bisa diambil kesimpulan gitu juga dong. Kan ada harga ada barang. Masa iya disamain, kalau dilihat juga bagusan Pertalite pake RON 90 dengan harga Rp 10.000 dibandingin Vivo yang pake RON 89 Rp 8.900,” kata @loveskarage.

“Kok dibanding-bandingin si. Jelas-jelas aja dari kualitasnya beda. Kualitasnya bagus ya

beda dong harganya,” jelas @rara63685062 sambil melampirkan gambar yang menerangkan bahwa kedua produk tersebut memiliki RON yang berbeda.

Tidak hanya sampai di situ, ada juga warganet yang memberi tanggapan lain mengenai ramainya perbandingan harga kedua produk bahan bakar tersebut.

“Ngebandingin kok dengan kualitasnya beda, coba pake yag sama. Lagian BBM subsidi ini naiknya cuma sedikit. Sama rokok sebungkus aja masih mahalan kebutuhan rokokmu,” ujar @Namicat12.

“Ada aja ya, alasan buat banding-bandingin. Beli motor jutaan bisa, bensin naik aja dibandingin pake 1000 alasan, hadeh,” tulis @AnthonyBudiawan.

Sempat beredar kabar bahwa produk Revvo 89 berhenti peredarannya. Namun, muncul informasi resmi bahwa, harga produk bahan bakar Revvo 89 kini sudah naik menginjak Rp 10.900.

Menurut artikel Jatim Network, bahwa harga yang tertera tersebut sangat sesuai dengan namanya, yaitu Revvo 89 yang berarti memiliki RON (Research Octane Number), lebih rendah dari Pertalite .

Baca Juga: Polisi Ungkap Ada Lebih Satu Korban dalam Kasus Dugaan Penganiayaan di Ponpes Gontor

Nomor oktan pada Revvo 89 berada di bawah Pertalite yang memiliki kandungan oktan 90, sedangkan Revvo 89 sesuai dengan namanya, yaitu 99.

Untuk Revvo 92 dapat disejajarkan dengan RON yang ada di dalam Pertamax. Sedangkan Revvo 95 memiliki nilai oktan dibawah Pertamax Turbo.

Diketahui bahwa bahan bakar yang memiliki nilai oktan lebih tinggi, maka BBM akan lebih cepat terbakar dan sedikit meninggalkan residu.

Sehingga semakin tinggi nilai Research Octane Number (RON), maka dapat disimpulkan bahwa kualitas BBM juga semakin bagus.

Itulah mengapa Revvo 89 dari SPBU Vivo dengan Pertalite dari Pertamina tidak sebanding.(Nabila Eva Hilfani)***