HOKI Berikan Keuntungan Ganda kepada Pemegang Saham
Direksi HOKI pada paparan publik virtual di 27 Juli 2022. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA)

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) memberikan keuntungan yang berlipat bagi pemegang saham. Selain konsisten membagikan dividen, perseroan juga memberikan diskon tambahan bagi pemegang saham apabila membeli produkproduk HOKI melalui platform aplikasi online WarungKoki.ID.

Diskon berupa tambahan potongan harga 5% dari nilai transaksi, setelah dipotong promo reguler. Pemberian diskon ke pemegang saham melalui platrform online ini merupakan pertama kalinya dilakukan oleh emiten beras di Indonesia.

Budiman Susilo, Direktur HOKI mengatakan, untuk mendapatkan diskon tersebut sangat mudah, pemegang saham hanya tinggal memasukkan identitas pada kolom profil. Aplikasi akan dapat langsung mendeteksi apabila calon pembeli merupakan pemegang saham HOKI. “Kami akan selalu memutakhirkan database, sehingga para pemegang saham dipastikan bisa mendapatkan keuntungan berupa tambahan diskon saat bertransaksi,” ujar Budiman di Jakarta, baru-baru ini.

WarungKoki adalah platform aplikasi online milik anak usaha perseroan, yaitu PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Platform ini merupakan inovasi distribusi melalui pengembangan gerai ritel berbasis transaksi online. Melalui aplikasi ini, pembeli dapat bertransaksi dengan mudah untuk membeli produk-produk HOKI berupa produk-produk beras.

Selain beras reguler, pembeli juga bisa membeli produk DailyMeal Rice yaitu produk beras sehat dan produkkreasi beras, DailyMeal Eats. Saat ini, produk beras sehat asli Indonesia ini sudah tersedia dua varian yaitu beras jagung dan beras singkong, sedangkan produk kreasi beras telah tersedia tiga varian, yaitu nasi kebuli, nasi goreng spesial pedas, dan nasi uduk gurih wangi.

Sesuai anjuran pemerintah, dalam situasi harga gandum sedang mahal saat ini, produk baru DailyMeal Eats beras jagung dan beras singkong bisa menjadi subtitusi kebutuhan impor gandum. Lebih lagi, beras jagung dan beras singkong juga hadir sebagai alternatif nasi yang lebih sehat, dengan indeks glikemik lebih rendah, dan pengalaman makan yang mirip seperti nasi biasa. Setelah memilih produk di platform aplikasi, pembeli bisa memilih outlet terdekat untuk bertransaksi.

Saat ini terdapat 45 outlet WarungKoki yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung. Lokasi gerai berada di wilayah residensial, pasar modern, dan SPBU modern di berbagai wilayah strategis. Pembeli bisa menentukan untuk mengambil pesanan secara langsung di outlet terdekat atau diantar dengan ojek online.

Saat bertransaksi melalui WarungKoki, pembeli bisa mendapatkan potongan harga reguler. Selain itu, pembeli juga bisa mendapatkan vocer undian yang akan diundi dalam periode tertentu. Pembayaran pesanan juga sangat mudah karena tersedia banyak fasilitas pembayaran yaitu dengan saldo Warungkoki atau dengan dompet digital.

Selain memberikan keuntungan tambahan diskon, emiten produsen beras bermerek Topi Koki dan HOKI ini konsisten memberikan dividen tunai kepada pemegang saham. Di tahun ini, HOKI membagikan dividen tunai total sebesar Rp 9,67 miliar atau sekitar 61% dari laba komprehensif tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp15,7 miliar. Terjadi peningkatan yang signifikan karena tahun lalu dividen yang dibagikan hanya 26% dari laba komprehensif.

Pada Semester I-2022 ini, penjualan HOKI mulai membaik, setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun ini. Perseroan berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 434,09 miliar meningkat dibandingkan Rp 429,75 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. HOKI mencatatkan laba bersih sebesar Rp 6,6 miliar, Sedikit menurun dari capaian semester I-2021 yang meraih laba bersih Rp 7,5 miliar.

HOKI optimistis kinerja perseroan akan kembali meningkat karena penjualan sudah mulai membaik. Peningkatan penjualan ini juga didorong oleh diversifikasi produk-produk HOKI yang dapat diterima oleh konsumen. “Kami yakin penjualan produk-produk HOKI akan terus meningkat karena kami memiliki produk-produk yang berkualitas dan dekat dengan masyarakat. Apalagi saat ini harga bahan makanan produk impor, seperti gandum terus naik, sehingga kami yakin produk-produk kami yang berupa beras reguler, beras jagung, beras singkong, dan produk kreasi beras akan menjadi pilihan bagi konsumen,” ujar Budiman.

Swa.co.id