upah.co.idPetenis perempuan nomor satu dunia, Iga Swiatek memastikan tempat di final US Open 2022 setelah mengalahkan petenis nomor enam Aryna Sabalenka pada Kamis malam waktu setempat.

Petenis asal Polandia tersebut sempat mengalami kesulitan pada permainan sehingga pada set pertama ia harus mengakui keunggulan dari Aryna Sabalenka dengan skor 3-6.

Namun, Swiatek terus menunjukkan kemampuannya sehingga pada set kedua ia berhasil mengungguli lawannya dengan skor 6-1 dan pada set ketiga berhasil memenangi pertandingan dengan skor 6-4.

Pertandingan tersebut berlangsung selama 2 jam 11 menit dengan skor akhir 3-6, 6-1, 6-4 untuk kemenangan Swiatek di Arthur Ashe Stadium.

“Saya merasakan perbedaan besar antara set pertama dan dua set terakhir,” ujar Swiatek, disiarkan pada laman resmi WTA.

“Saya cukup senang bahwa tingkat energi saya naik sedikit,” ucapnya.

“Aryna membuatnya sulit hari ini, tentu saja. Saya merasa dia melakukan servis dengan cukup solid. Sulit untuk kembali pada set ketiga, tetapi saya cukup senang melakukannya,” kata Swiatek.

Atas perolehan kemenangan di semifinal tersebut, dengan begitu Swiatek berhasil mencapai final US Open pertamanya sepanjang karir Swiatek.

Saat ini, Swiatek telah memasuki final Grand Slam ketiganya dan yang kedua untuk tahun ini.

Swiatek sebelumnya berhasil mencatatkan kemenangan 2-0 di final Grand Slam sepanjang kariernya. Swiatek memenangi di French pada tahun 2020 dan 2022.

Swiatek akan menghadapi dengan runner-up Wimbledon yaitu Ons Jabeur pada final tunggal putri US Open 2022 setelah unggulan nomor 5 tersebut mengalahkan unggulan nomor 17 Caroline Garcia dengan skor 6-1, 6-3 pada babak semifinal. (Muhammad Ilham Afdillah)***