upah.co.id – Sudah bukan rahasia lagi kalau Balmoral Castle memiliki tempat spesial di hati Ratu Elizabeth II. Bahkan, ia memilih kastil itu sebagai tempatnya menghembuskan nafas terakhir.

Istana Balmoral adalah properti pribadi milik Sang Ratu dan bukan bagian dari Crown Estate. Lokasi Istana Balmoral berada di tepi kanan Sungai Dee, Aberdeenshire, Skotlandia, di ketinggian 282 meter di atas permukaan laut.

Menurut laporan BBC, Ratu Elizabeth II memiliki banyak momen bahagia di Istana dengan total luas 50.000 hektar itu. Biasanya Ratu Elizabeth II menghabiskan waktu di sana bersama dengan mendiang suaminya tercinta, Pangeran Philip, dan anak-anaknya.

Dikelilingi banyak pedesaan, Istana Balmoral juga menjadi tempat Sang Ratu menghabiskan momen liburan musim panas yang bahagia, mulai dari mengunjungi kakek-neneknya Raja George V dan Ratu Mary, hingga bulan-bulan terakhir masa hidupnya.

Di sana, ia menggelar banyak pesta kebun dan menonton acara di Braemar Highland Games di dekat kastil, bersama anggota keluarga kerajaan lainnya.

Di Istana Balmoral pula Pangeran Philip bertunangan dengan Ratu Elizabeth pada tahun 1946. Selama masa lockdown, Ratu Elizabeth dan suaminya menghabiskan banyak waktu di Balmoral, termasuk merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 mereka pada November 2020 lalu.

Istana Balmoral telah menjadi salah satu tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris sejak tahun 1852, ketika perkebunan dan kastil aslinya dibeli dari keluarga Farquharson oleh Pangeran Albert, suami Ratu Victoria.

Kastil yang memiliki 11 kamar tidur itu adalah contoh arsitektur baronial Skotlandia, dan diklasifikasikan sebagai bangunan terdaftar kategori A. Kastil baru selesai dibangun pada tahun 1856 dan kastil lama dihancurkan beberapa waktu kemudian.

Diketahui, selama bulan April sampai Juli, Kastil Balmoral dibuka untuk umum dan pengunjung bisa berjalan-jalan di taman sambil melihat dari luar aula besar yang terdapat di dalamnya. Memasuki bulan Juli, gerbang kastil akan ditutup karena biasanya Ratu Elizabeth II dan keluarganya beristirahat sampai Oktober sebelum kembali ke Istana Buckingham.