upah.co.id – Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan, selain harga bahan pokok, daya beli masyarakat juga menurun hingga 37%. Kondisi tersebut tentunya meresahkan pedagang pasar seluruh indonesia.

“Kami sedang mengupayakan langkah-langkah serta upaya-upaya yang memungkinkan untuk menjaga agar pedagang kami tidak ‘kolaps’ ,” ujar dia dalam keterangan di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Menurut Reynaldi, pedagang pasar sudah mengalami gelombang keras pada saat Pandemi Covid-19 ditambah lagi. Dengan kenaikan BBM tersebut, ia mengemukakan, bakal berakibat fatal terhadap tingkat penurunan perekonomian pedagang pasar di seluruh Indonesia.

Dia berharap agar pemerintah mencabut kenaikan harga BBM atau melakukan upaya-upaya yang memungkinkan untuk meringankan beban pedagang pasar.

“Jika tidak maka langkah-langkah lain akan kami lakukan secara maksimal, kami sedang melakukan konsolidasi dan akan merekomendasikan upaya-upaya ke depan untuk anggota kami pedagang pasar seluruh Indonesia dengan membentuk Front Persatuan Menolak Kenaikan BBM,” ucap dia.Adapun berikut daftar beberapa harga pokok yang mulai meningkat di beberapa daerah: