upah.co.id – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) akan dilengkapi fasilitas mobil listrik .

Pengadaan kendaraan listrik roda empat tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai 2023.

“Kalau kendaraan roda empat kami berpikir itu digunakan ke IKN yang listrik. Yang di sini ( istana kepresidenan Jakarta). sebatas (kendaraan listrik) roda dua,” ujar Heru di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (6/9/2022).

“Dan walaupun kami akan beli roda empat, itu kami akan lakukan di IKN secara bertahap, 2023, 2024 dan seterusnya kita fokus ke IKN,” katanya lagi.


Sementara itu, pada Selasa, Sekretariat Presiden menerima sebanyak 35 unit motor listrik pemberian dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Menurut Heru, dengan adanya motor listrik ini Sekretariat Presiden ikut mendukung penggunaan listrik dari sumber energi baru-terbarukan.

Oleh karena itu, nantinya kemungkinan bakal pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

“Nanti mungkin SPKLU bisa juga kita siapkan di sini pasca pemindahan IKN,” ujar Heru.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, konsep smart forest city dalam realisasi pembangunan IKN akan memprioritaskan para pejalan kaki, pengguna sepeda, dan alat transportasi umum.

Oleh karenanya, presiden mengajak masyarakat yang gemar berjalan kaki dan bersepeda tidak ragu untuk pindah ke kawasan IKN yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurut Jokowi, city planner dari IKN telah merumuskan konsep 10 Minute City.

“Jadi 10 minute city, dari satu titik ke titik lain 10 menit saja. Dan kita akan memberikan prioritas kepada, yang pertama adalah pejalan kaki.Yang kedua yang naik sepeda. Yang ketiga (pengguna) transportasi umum,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan peresmian Kantor DPP Partai Nasdem di Menteng, Jakarta Pusat, pada Februari lalu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan untuk tetap menjaga keberlanjutan pembangunan IKN

“Yang senang jalan kaki itu silahkan pindah ke ibu kota baru. Yang seneng bersepeda, yang ingin sehat itu juga pindahlah ke IKN. Yang senang naik mobil, apalagi yang memakai BBM fosil jangan pindah ke IKN,” katanya.

Jokowi mengungkapkan, konsep besar dari IKN, yakni Smart Forest City. Sehingga, nantinya di kawasan tersebut akan banyak terdapat kawasan hijau dan hutan.

“Semuanya dibangun dengan teknologi modern, baik transportasi, pengairan, infrastruktur listrik, infrastruktur komunikasi hingga pelayanan publik,” ungkap Jokowi.