upah.co.id – >

Sebuah laporan menyebutkan, pada 1987 Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki sedikitnya 14 jam tangan. Koleksi itu terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Para pakar jam tangan meyakini, Ratu juga mengoleksi arloji dari pembuat jam kelas atas sekaliber Cartier dan Audemars Piguet.

Jaeger-LeCoultre kustom pemberian eks Presiden Perancis

Salah satu arloji istimewa Ratu Elizabeth II adalah Jaeger-LeCoultre Calibre 101 kustom, yang dipakainya dalam acara Diamond Jubilee pada 2012 untuk menandai 60 tahun pemerintahannya di Inggris.

Arloji tersebut merupakan replika emas putih dari Jaeger-LeCoultre Calibre 101 orisinal yang dirilis di tahun 1929.

Calibre 101 versi orisinal terbuat dari material emas dan dihiasi 110 batu berlian kecil.

Model ini dilengkapi mekanisme mesin yang disebut-sebut terkecil di dunia karena hanya memiliki 95 komponen. Di pasaran, harganya diprediksi mencapai 135.000 pound atau setara Rp 2,3 miliar.

Nah, Calibre 101 milik Ratu Elizabeth II –yang juga dia kenakan saat dilantik sebagai Ratu Inggris pada Juni 1953– kemungkinan bernilai lebih tinggi daripada Calibre 101 orisinal, karena desainnya yang unik dan catatan sejarah yang panjang.

Arloji yang dinamai “La Reine” alias Sang Ratu itu merupakan pemberian dari Presiden Perancis di era 1947-1954, Vincent Auriol.

Perusahaan pegadaian H&T Pawnbrokers memperkirakan, jika dijual, Calibre 101 tersebut akan menelan biaya 3 juta pound atau lebih kurang Rp 39,5 miliar.

Vacheron Constantin berbalut emas dan berlian

Jam tangan lain yang dikoleksi Ratu Elizabeth II yaitu Vacheron et Constantin 4481 berbalut emas dan berlian. Ini adalah kado pernikahan Ratu dari Federasi Swiss.

Setelah Pangeran Charles dan Putri Diana menikah di tahun 1981, sang Ratu memberikan jam tangan itu kepada Putri Diana.

Patek Philippe ref 4975/1G

Adapun ketika menghadiri pembukaan House of Lords di tahun 2006, Ratu memakai Patek Philippe ref 4975/1G yang ditata batu berlian berpotongan baguette dan dilengkapi tali mutiara.

Namun tampaknya, jam tangan Patek favorit Ratu Elizabeth II adalah Golden Ellipse yang menampilkan cangkang emas putih, dial jam biru, dan bezel berlian.

Audemars Piguet Jules Audemars

Dalam pidato yang digelar pada April 2020, Ratu menyematkan arloji Audemars Piguet Jules Audemars di pergelangan tangannya.

Desain Jules Audemars cenderung lebih sederhana dibandingkan koleksi arloji Ratu lainnya.